Fenomena Astoronomis Terjadi 2023 Selain Solstis, Apa Sajakah Itu?

- 17 Desember 2022, 15:01 WIB
Ilustrasi fenomena astronomis
Ilustrasi fenomena astronomis /Pixabay/ FelixMittermeier
 

BERITA KBB- Fenomena astronomis yang akan terjadi tahun 2023 telah diinfomasikan oleh LAPAN. Dalam waktu dekat ini, terjadi solstis tanggal 21 Desember 2022.

Fenomena langit ini tentunya ditunggu-tunggu publik dan biasanya mengabadikan momen langka ini dengan kamera ponsel atau hanya sekadar menyaksikan dengan mata telanjang.

Saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah solstis atau titik balik matahari. Ternyata, tak hanya solstis yang akan terjadi saat ini, LAPAN menyebutkan fenomena astronomis lain di tahun 2023.
 
Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Sabtu, 17 Desember 2022, Ikatan Cinta Alami Peningkatan

1. Ekuinoks
Adalah fenomena ketika matahari melintas ekuator bumi. Oleh karena itu, panjang siang dan malam saat ekuinoks tidak terlalu panjang atau pendek.

2. Periapsis
Adalah fenomena dua titik pada orbit bumi yang masing-masing memiliki jarak terdekat dan jarak terjauh dari matahari. Saat jarak terjauh disebut ophelion dan jarak terdekat disebut perihelion.
 
Baca Juga: Irfan Widyanto Mengklaim Laporannya Membantu Penyelidikan Kasus Yosua

3. Kulminasi Agung (Great Culmination)
Yakni kondisi matahari mencapai titik tertinggi saat tengah hari. Indonesia dan Ka'bah berada di wilayah garis balik utara dan selatan, dari dua wilayah ini akan mengalami kulminasi.

Itulah fenonema astronomis yang akan terjadi pada tahun 2023 selain dari fenomena Solstis.***
 
 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @lapan_ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x