Gempa Bumi Dahsyat Luluhlantakkan Turki dan Suriah, Berikut Rincian Korban Tewas dan Luka-Luka

- 6 Februari 2023, 17:00 WIB
Orang-orang mencari melalui puing-puing setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki 6 Februari 2023.
Orang-orang mencari melalui puing-puing setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki 6 Februari 2023. /REUTERS/Sertac Kayar/

Berita KBB - Bencana alam gempa bumi mengguncang wilayah Turki dan Suriah, Senin 6 Februari 2023 sekira pukul 04:17 waktu setempat. Gempa yang juga dirasakan di wilayah Lebanon, Yunani dan Israel ini menewaskan ratusan orang di Turki dan Suriah.

Dilansir BeritaKBB dari The Guardians, gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah ini berkekuatan 7.8 magnitudo. Pusat gempa terletak 32 kilometer kota Gaziantep, Turki dan 26 kilometer dari Nurdağı, Turki, serta berkedalaman 17,7 kilometer.

Menurut AP, Badan penanggulangan bencana Turki menyebutkan sudah 284 orang di 7 provinsi di Turki tewas akibat gempa. Selain itu, korban luka terhitung mencapai 440 orang.

Baca Juga: Kalah dengan Skor Tipis 0-1, Manchester City Harus Akui Ketangguhan Tottenham Hotspur

Menteri Interior Turki, Suleyman Soylu mengatakan, 10 kota terdampak oleh gempa. Kota-kota yang terdampak tersebut antara lain  Gaziantep, Kahramanmaraş, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir and Kilis.

Badan penanggulangan bencana Turki juga menyebutkan, guncangan gempa sangat terasa di sekitar Kahramanmaraş. Selain itu, getaran gempa juga sangat dirasakan di wilayah Hatay, Adana, Osmaniye, Diyarbakır, Malatya and Şanlıurfa.

Wakil Presiden Turki, Fuat Otkay mengatakan, lebih dari 900 bangunan di sepanjang Gaziantep dan Kahramanmaraş hancur lebur. Bahkan ada satu rumah sakit di Iskenderun rubuh, dan jumlah korban belum diketahui.

Baca Juga: Kolonel PNB Ardi Syahri Jabat Komandan Lanud Husein Sastranegara

Sementara itu di Suriah, Menteri Kesehatan Hassan al-Ghabbash menyebutkan, sekitar 237 orang di sepanjang Aleppo, Hama dan Latakia dilaporkan tewas. Selain itu, korban luka mencapai lebih dari 630 orang.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x