Gempa Bumi Guncang Turki dan Suriah, Simak Langkah Mitigasi Bencana yang Wajib Diketahui

- 6 Februari 2023, 23:29 WIB
Orang-orang mencari di antara reruntuhan bangunan setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki/REUTERS/Sertac Kayar
Orang-orang mencari di antara reruntuhan bangunan setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki/REUTERS/Sertac Kayar /

 

BERITA KBB - Gempa bumi mengguncang wilayah Turki dan Suriah, Senin 6 Februari 2023 sekira pukul 04:17 waktu setempat. Gempa bumi berkekuatan 7,8 magnitudo ini menewaskan dan melukai ratusan orang di Turki dan Suriah.

Dilansir BeritaKBB dari The Guardians, gempa bumi ini berpusat di 32 kilometer kota Gaziantep, Turki dan 26 kilometer dari Nurdağı, Turki. Adapun hiposentrum gempa diketahui berada di kedalaman 17,7 kilometer.

Melihat banyaknya korban yang berjatuhan akibat gempa bumi tersebut, pemahaman akan mitigasi bencana gempa bumi penting untuk diketahui oleh masyarakat di wilayah rawan gempa. Seperti Indonesia yang dilintasi Cincin Api dunia dan pertemuan Lempeng Eurasia dan Pasifik yang menyebabkan rawan terjadi gempa bumi.

Baca Juga: 7 Artis Pemenang Grammy Awards 2023, mulai dari Harry Styles hingga Adele

Lalu bagaimana mitigasi bencana gempa bumi yang harus dipahami tersebut? Menurut situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada tiga bentuk langkah mitigasi yang harus dilakukan, antara lain sebelum, saat dan setelah terjadi gempa bumi.

Sebelum Gempa Bumi:

 

Pastikan struktur dan tata letak bangunan dapat terhindar dari bahaya akibat gempa bumi, seperti longsor atau likuifikasi tanah. Agendakan melakukan renovasi rumah untuk memperkuat bangunan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x