Hong Kong Kota Mewah tapi Penduduknya Tinggal di Kandang? Simak Penjelasannya

- 26 Maret 2023, 07:42 WIB
Hong Kong Kota Mewah tapi Penduduknya Tinggal di Kandang? Simak Penjelasannya
Hong Kong Kota Mewah tapi Penduduknya Tinggal di Kandang? Simak Penjelasannya /

 

BERITA KBB – Di balik gemerlap kota Hong Kong dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, ternyata banyak penduduk Hong Kong yang tinggal di 'kandang'!

Tempat tinggal menyerupai kandang ini memiliki panjang 6 kaki dengan lebar 2,5 kaki. Tidak lebih luas dari satu petak lahan parkir mobil, dengan dapur dan toilet yang digunakan bersamaan dengan penghuni lain.

Awalnya, rumah kandang dibangun untuk pria lajang yang datang dari daratan China pada tahun 1950-an. Namun angka kemiskinan yang terus meningkat serta mahalnya harga perumahan membuat permintaan untuk rumah kandang terus tumbuh.

Baca Juga: Inflasi Inggris Tembus 10 Persen. Tertinggi dalam 45 Tahun Terakhir

Berdasarkan data dari Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong, lebih dari 200.000 penduduk miskin di Hong Kong tinggal dalam 88.000 rumah kandang. Hal ini berarti terdapat beberapa unit yang ditinggali lebih dari satu orang.

Penyebab hadirnya rumah kandang ini dikarenakan harga rumah di Hong Kong yang sangat mahal. Melansir dari data tahun 2018, harga rumah di Hong Kong bisa mencapai 19,7 kali lipat lebih tinggi dari rata-rata pendapatan penduduknya.

Ini berarti jika sebuah rumah tangga berpenghasilan $50.000, mereka harus membeli rumah dengan harga sekitar $980.000. Bahkan, Hong Kong dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal dan harga kepemilikan properti tertinggi di dunia.

Baca Juga: Jimin BTS Perform Lagu Like Crazy di The Tonight Show Jimmy Fallon, ARMY: Congratulation!

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x