Ramai Surat Terbuka Tuntut Pengembangan Kecerdasan Buatan GPT-4 Disetop, Kenapa Elon Musk Ikut Tanda Tangan?

- 30 Maret 2023, 16:48 WIB
Berikut alasan Elon Musk ikut menandatangani surat terbuka yang menuntut pengembangan kecerdasan buatan GPT-4 dihentikan.
Berikut alasan Elon Musk ikut menandatangani surat terbuka yang menuntut pengembangan kecerdasan buatan GPT-4 dihentikan. /NTB/Carina Johansen via REUTERS

Berita KBB - Sejumlah eksekutif dan pakar kecerdasan buatan menuntut agar pengembangan GPT-4, sistem kecerdasan buatan teranyar milik OpenAI, dihentikan sementara selama 6 bulan.

Surat terbuka yang ditulis Future of Life Institute dan ditandatangani 1.000 orang itu, menyebutkan bahwa pengembangan GPT-4 memiliki potensi risiko terhadap masyarakat. Pengembangan bisa dilanjutkan jika membawa dampak positif dan risikonya bisa ditangani.

“Haruskah kita biarkan mesin membanjiri kanal informasi kita dengan propaganda dan ketidakjujuran? Haruskah kita mengembangkan pikiran tak manusiawi yang nantinya bisa mengakali dan menggantikan kita?” demikian bunyi surat terbuka tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Bidadari Surgamu 30 Maret 2023 Episode 17, Sakinah Diajak Pulang Denis, Namira Menikah

“Sistem AI yang hebat hanya boleh dikembangkan ketika kami yakin bahwa dampaknya akan positif, dan risiko yang timbul bisa ditangani,” ujar surat dari institusi yang dibiayai Musk Foundation, Silicon Valley Community Foundation dan Founders Pledge itu.

Dari sejumlah eksekutif yang menandatangani surat itu, termasuk di antaranya CEO Tesla dan Twitter, Elon Musk yang juga merupakan co-founder dari OpenAI. Musk merasa frustrasi dengan kritik dari pemangku kebijakan terkait sistem autopilot pada produk mobil listriknya.

Diketahui, sistem autopilot mobil listrik Tesla menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Ia pun mencari upaya untuk memastikan bahwa pengembangan kecerdasan buatan memiliki manfaat untuk kepentingan publik.

Baca Juga: Arti Mimpi Melahirkan Menurut Islam dalam Tafsir Ibnu Sirin, Benarkah akan Beruntung?

“Kecerdasan buatan membuatku tertekan,” ungkapnya saat presentasi perencanaan Tesla kepada pihak investor pada 1 Maret 2023 lalu, seperti dikutip dari Reuters.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x