Wow, Anda Bisa Bawa Anjing Masuk ke Museum Nasional

- 3 Oktober 2020, 16:21 WIB
Seorang pengunjung membawa anjingnya mengunjungi pameran.
Seorang pengunjung membawa anjingnya mengunjungi pameran. /MMCA
BERITA KBB - Anda yang memelihara anjing, kini bisa menikmati karya seni sambil membawa jalan-jalan anjing Anda. Hal tersebut bisa anda lakukan saat anda berkunjung ke National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA).
 
Seperti dikutip dari The Korea Times, museum tersebut membuat pameran untuk anjing dan pemiliknya, yang bertajuk "Museum untuk Semua, Museum untuk Anjing".
 
Pameran ini adalah pameran seni nasional pertama di Korea yang mengundang anjing dan sahabatnya, serta membuka diskusi tentang peran museum. Pameran awalnya dijadwalkan pada Mei, bulan keluarga, tetapi ditunda hingga September karena pandemi COVID-19. 
 
 
Menurut statistik, sekitar tiga puluh persen rumah tangga Korea hidup dengan hewan pendamping, dan museum mencoba untuk bereksperimen apakah hewan pendamping dapat diterima di ruang publik, dan apakah dapat mengadakan pameran untuk pengunjung selain manusia. 
 
"Hewan sekarang menjadi bagian dari banyak keluarga, tetapi hanya sedikit tempat umum yang diizinkan untuk pengunjung anjing, apalagi museum," kata kurator Sung Yong-hee. "Untuk pameran ini, lebih seperti anjing yang mengunjungi museum, bukan manusia yang mengundang anjing ke museum."
 
Berbagai karya seni dapat dinikmati pengunjung dan hewan peliharaannya di museum tersebut. Mulai dari karya seni video yang menghadirkan kombinasi kisi biru dan kuning saat gambar diperbesar, memungkinkan anjing untuk membedakan warnanya, hingga beberapa video yang memperlihatkan hubungan erat antara manusia dan anjing. 
 
Video bertajuk "Blind Walk" dari Duet Denmark Hanne Nielsen dan Birgit Johnsen adalah salah satunya, dimana video tersebut memvisualisasikan hubungan antara seorang tunanetra dan seekor anjing pemandu.
 
Museum ini juga berencana untuk menawarkan hari pameran burung beo, yang hanya dapat dikunjungi burung beo dan pemiliknya. “Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda, menyaksikan bagaimana burung-burung akan menikmati pameran untuk anjing,” kata kurator itu.***
 

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: The Korea Times


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x