Wagub Jabar Sosialisasi Ajengan Masuk Sekolah kepada Lima Daerah

- 25 November 2020, 06:24 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat sosialisasi program Ajengan Masuk Sekolah di Hotel Grage Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, Selasa 24 November 2020.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat sosialisasi program Ajengan Masuk Sekolah di Hotel Grage Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, Selasa 24 November 2020. /Humas Jabar

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyosialisasikan program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) bagi siswa SMA/SMK di Kabupaten Kuningan.

Sosialisasi juga dihadiri perwakilan dari empat daerah lainnya yakni Kota/Kab. Cirebon, Kab. Indramayu, dan Kab. Majalengka.

Menurut sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini, AMS merupakan implementasi Jabar Juara Lahir dan Batin yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, yakni penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui peningkatan keimanan dan ketakwaan.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020: Ridwan Kamil Ajak TNI/Polri Edukasi Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

"Karenanya program Ajengan Masuk Sekolah ini memiliki legalitas formal yang kuat," ujar Kang Uu di Hotel Grage Sangkanhurip Kab Kuningan, Selasa 24 November 2020.

Uu berharap para ajengan yang masuk ke sekolah dapat membawa pesan perdamaian yang menguatkan persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

"Dengan itu Insyallah semua cita-cita para pendiri bangsa kita akan tercapai. Sebaliknya kalau ada perpecahan kami yakin yang jadi harapan pendiri bangsa kita tidak akan tercapai," katanya.

Baca Juga: CAIR! Cek BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Tahap 5, Begini Caranya

Uu berharap para ajengan mampu menerangkan agama dengan tidak tendensius, tidak berafiliasi kepada politik, dan mampu menafsirkan kitab kuning sehingga mudah dicerna pelajar umum. Para kiai diyakini mampu mengedepankan sikap _'wasathiah'_ atau moderat.

"Oleh karena itu saya berharap para kiai/ulama harus menjadi mitra pemerintah, membantu pemerintah mengambil keputusan demi kemaslahatan umat," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x