Gempa Dangkal Akibat Aktivitas Sesar Cugenang Kembali Guncang Wilayah Kabupaten Cianjur, Begini Kata BMKG!

- 24 Januari 2023, 14:54 WIB
 Ilustrasi banjir. Cuaca buruk menyebabkan Filipina diterjang banjir dan tanah longsor, serta 26 orang yang masih hilang. /Pixabay/Hans
 Ilustrasi banjir. Cuaca buruk menyebabkan Filipina diterjang banjir dan tanah longsor, serta 26 orang yang masih hilang. /Pixabay/Hans /
 
 
 
BERITA KBB - Gempa kembali mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Terbaru, gempa berkekuatan Magnitudo 4,3 terjadi pada Selasa 24 Januari 2023 pukul 02.45 WIB.
 
Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa terletak pada koordinat 6.82 Lintang Selatan dan 107.07 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratLaut Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.
 
Dalam keterangannya, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang, bila dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.
 
 
Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang, dan Karangtengah dengan Skala Intensitas III - IV MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan - akan ada truk berlalu).
 
Beberapa warga yang tinggal di wilayah Jakarta menyebutkan, juga merasakan getaran gempa. Menurut BMKG, di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok getaran gempa berskala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
 
Di Purwakarta getaran gempa berskala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan - akan ada truk berlalu).
 
 
Namun belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan atau korban sebagai dampak gempabumi tersebut.
 
Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Selasa 24 Januari 2023 pukul 03:15 WIB telah terjadi 487 gempa di wilayah Cianjur.
 
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x