Empowerment Masyarakat Terdampak Pembangunan Waduk Jatigede Bio Farma Kembangkan Budidaya Pisang

- 30 Januari 2023, 20:53 WIB
Budidaya pisanv oleh warga di sekitar Waduk Jatigede
Budidaya pisanv oleh warga di sekitar Waduk Jatigede /Istimewa/

 

BERITA KBB - Masyarakat Desa Mekarasih Kabupaten Sumedang Menerima Bibit Pohon Pisang yang merupakan Program TJSL Bio Farma.

Bio Farma, induk holding BUMN Farmasi yang beranggotakan Kimia Farma dan Indofarma, senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dengan masyarakat dan lingkungannya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Bio Farma mengembangkan program Empowerment melalui Program Budidaya Pisang sebagai salah satu program TJSL kepada masyarakat di desa Mekarasih Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang yang terkena dampak pembangunan waduk jatigede.

Baca Juga: Wagub Jabar Terkesima Saat Tinjau Aquarium Indonesia Pangandaran

Kehadiran TJSL Bio Farma di desa Mekarsari merupakan salah satu bentuk komitmen untuk berkonstribusi terhadap pengembangan ekonomi dan sosial lingkungan sekitarnya, baik itu masyarakat yang berada di lingkungan internal perusahaan, maupun masyarakat secara umum.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan meningkatkan kearifan lokal dengan pemanfaatan potensi komoditi pisang lokal yang berkembang di Jatigede.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa pembudidayaan pisang mengadopsi sistem produksi vaksin yang ada di Bio Farma.

Baca Juga: Syarat, Lokasi, dan Jadwal SIM Keliling (Simling) Layanan SIM A dan C di Kota Bandung 30 Januari - 5 Februari

“Program budidaya pisang yang kami terapkan hampir sama dengan program Re-Grass yang diterapkan kepada Peternak Milenial binaan Bio Farma, yaitu mengadopsi sistem produksi vaksin, dimana ada master seed dan working seed. Master seed ini adalah pengumpulan bibit
terbaik sehingga menjadi media pembenihan bibit unggul, yang kemudian diperbanyak di
area working seed. Di area working seed itu yang nantinya akan dikembangakan menjadi
tanaman budidaya pisang bagi masyarakat” ujar Honesti.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x