Dengan Data Akademis, Gubernur Jabar Pastikan Jabar Provinsi Toleran

- 30 Januari 2023, 22:16 WIB
Tanggal 16 November 2021 Diperingati Sebagai Hari Apa? Yuk Simak Penjelasan Hari Tolerasi Internasional
Tanggal 16 November 2021 Diperingati Sebagai Hari Apa? Yuk Simak Penjelasan Hari Tolerasi Internasional /PIXABAY/

BERITA KBB _ Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyangkal anggapan sekelompok orang yang menyebutkan Jabar provinsi intoleran. Melalui akun IG-nya, Ridwan Kamil menyuguhkan data hasil survei yang menunjukkan Jabar provinsi toleran.

"Dinamika sosial antara penganut agama di lapangan terkadang ada dan viral, namun itu sifatnya sporadis dan terjadi di banyak tempat, namun tidak bisa disimpulkan bahwa terjadi budaya intoleransi secara umum," tulis Ridwan Kamil di akun IG-nya, Senin (30/1/2023).

Menurut Kang Emil -- panggilan akrab Ridwan Kamil-- berdasarkan hasil survei publik yang mengukur praktik keseharian warga Jabar menyebutkan bahwa mayoritas menerima keberagaman.

Baca Juga: Ekslusif! Manajemen Pertimbangkan Pembubaran Arema FC Jika Tidak Kondusif

"Mayoritas menerima keberagaman dengan semua nilai-nilai Pancasila yang ada di dalamnya," tegas Ridwan Kamil.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jabar Iip Hidayat menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan lembaga Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC) melakukan survei tentang toleransi di Jabar, untuk mencari tahu apakah anggapan sebagian kelompok yang menyatakan Jabar intoleran itu benar atau tidak.

"Kita lakukan survei di sembilan kabupaten/kota, sementara mereka kelompok yang menyatakan Jabar intoleran itu surveinya di tiga kabupaten/ kota. Hasilnya ya seperti yang Pak Gububernur sampaikan di IG-nya bahwa Jabar toleran," tutur Iip.

Baca Juga: Empowerment Masyarakat Terdampak Pembangunan Waduk Jatigede Bio Farma Kembangkan Budidaya Pisang

Iip menjelaskan bahwa survei IPRC tahun 2023 ini akan diperluas ke 27 kabupaten_ kota atau seluruh Jabar, agar hasilnya nanti lebih _real._

"Mudah-mudahan hasil surveinya bisa kita rilis di akhir bulan Maret nanti," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x