Jawa Barat Dibayangi Potensi Cuaca Ekstrem hingga 19 Maret 2023, Berikut Wilayah Lainnya yang Terdampak

- 15 Maret 2023, 08:58 WIB
Jawa Barat Dibayangi Potensi Cuaca Ekstrem hingga 19 Maret 2023, Berikut Wilayah Lainnya yang Terdampak
Jawa Barat Dibayangi Potensi Cuaca Ekstrem hingga 19 Maret 2023, Berikut Wilayah Lainnya yang Terdampak /Chanelsulsel.com

 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, terhitung mulai Selasa 14 Maret 2023 hingga Minggu 19 Maret 2023 mendatang.

Menurut BMKG dalam laporannya, selama periode ini mereka memantau adanya peningkatan intensitas hujan, yang disebabkan oleh aliran massa udara dingin dari Asia yang signifikan. Peningkatan hujan ini juga disebabkan gelombang ekuatorial Rossby yang aktif di wilayah Indonesia.

Berkenaan dengan itu, sejumlah wilayah diprediksi mengalami hujan lebat selama periode tersebut. Wilayah yang terdampak antara lain pesisir barat Sumatra, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra bagian selatan, Jawa bagian barat, Sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah dan selatan.

Baca Juga: Sambut Ramadan dengan Shopee Big Sale 2023: Temukan Promo Terbaik di Berbagai Kategori Produk

Selain itu, potensi hujan lebat juga meliputi wilayah Papua Barat dan Papua, dengan tendensi hujan turun pada siang dan malam hari.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah yang terdampak, agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai petir dan hujan es, serta akibat yang ditimbulkan dari gejala cuaca ekstrem tersebut, seperti banjir, longsor, dan angin kencang dan jalanan licin.

Berikut ini daftar wilayah di Indonesia yang terdampak potensi cuaca ekstrem selama periode tersebut:

 

Selasa – Rabu, 14 – 15 Maret 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x