Inovasi PTPN VIII Yakni Program Sedekah Gulma

- 15 Maret 2023, 22:08 WIB
Inovasi PTPN VIII Yakni Program Sedekah Gulma
Inovasi PTPN VIII Yakni Program Sedekah Gulma /

BERITA KBB-Gulma merupakan yang tumbuh pada waktu, tempat yang tidak diinginkan serta tidak dikehendaki terutama ditempat manusia bermaksud mengusahakan tanaman budidaya dalam upaya menyediakan kebutuhan pangan.

Keberadaan gulma pada areal tanaman budidaya dapat menimbulkan kerugian baik dari segi kuantitas dan kualitas hasil produksi tanaman yang dibudidayakan.

Metode pengendalian gulma yang dapat diaplikasikan dilapangan diantaranya dengan pengendalian secara preventif, mekanis dan kimia, namun dengan pengendalian tersebut terdapat keuntungan dan kerugian yang merupakan dampak akibat yang ditimbulkan
Waktu yang tepat untuk mengendalikan gulma adalah waktu periode kritis tanaman, yaitu periode di mana tanaman sangat peka terhadap faktor lingkungan. Istilah umumnya yaitu fase vegatif tanaman.

Baca Juga: 5 Ciri Lelaki yang Bertanggung Jawab. Nomor Empat Cocok Jadi Pria Idaman

Terdapat beberapa teknik pengendalian gulma yang dapat diterapkan melalui usaha pencegahan (preventif), pengendalian secara fisik/mekanis, pengendalian secara kimia.

Dari uraian diatas secara umum, pengendalian gulma yang merupakan salah bagian proses pengelolaan operasioanal PT. Perkebunan Nusantara VIII menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini di unit Kebun Montaya.

Berikut adalah beberapa dampak kerugian yang disebabkan oleh pertumbuhan gulma yang tak terkendali:

Tanaman utama dan gulma akan bersaing dalam pengambilan air, unsur hara, cahaya, dan ruang lingkung hidup yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman utama melambat serta kemampuan reproduksinya menurun.
Kualitas produksi pertanian menurun akibat terkontaminasi oleh adanya persaingan gulma.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Roti Sandwich Jamur Nikmat dan Praktis untuk Cemilan dan Sarapan, Bikinnya Nggak Pakai Lama

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x