Selesai Desember 2023, RS Pendidikan Unpad Akan Layani Masyarakat Umum

- 19 Maret 2023, 19:57 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri peletakan batu pertama Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (17/3/2023).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri peletakan batu pertama Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (17/3/2023). /Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Universitas Padjadjaran akan memiliki Rumah Sakit Pendidikan atau Teaching Hospital di Jatinangor. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama Rumah Sakit Pendidikan Unpad di Kampus Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (17/3/2023).

Gubernur mengungkapkan bahwa lokasi pembangunan RS ini sangat pas karena berada di Jatinangor. Kecamatan ini menjadi simpul pergerakan manusia di ujung timur Bandung.

Nantinya mayoritas SDM di RS pendidikan Unpad ini berasal dari kampus sendiri.

"Alhamdulillah hari ini mimpi besar pelayanan kesehatan terjadi di Unpad. Mudah-mudahan Desember selesai, Januari masyarakat sudah bisa memanfaatkan," ujar Ridwan Kamil.

RS Pendidikan Unpad dirancang memiliki lima lantai yang pembangunannya ditarget selesai Desember 2023. Dengan anggaran tahap pertama Rp110 Miliar yang merupakan kombinasi anggaran Unpad dan Pemdaprov Jabar.

Sambil melatih calon-calon dokter, menurut Gubernur, RS Unpad juga akan melayani masyarakat umum. Pasalnya pada lantai dua akan ada poliklinik pemeriksaan hingga laboratorium. 

Menurut Gubernur, Jabar masih membutuhkan 20 rumah sakit, sehingga jika ada sekolah atau pihak swasta yang ingin menggenapi kebutuhan, maka kesempatan tersebut sangat ditunggu.***

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah