Banjir Bandang di Cicurug Sukabumi, Ini Laporan BPBD Setempat

- 21 September 2020, 19:17 WIB
Banjir bandang di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Banjir bandang di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi /YouTube/Dede Sutisna

BERITA KBB - Banjir bandang menerjang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Senin, 21 September sore. Hingga pukul 19.00 WIB, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat masih berupaya melakukan penanggulangan di lokasi.

Petugas Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Sukabumi Ahmad Nurjaman mengungkapkan, informasi banjir bandang diterima pihaknya sekitar pukul 17.10. "Lalu, kami langsung menerjunkan petugas ke lokasi untuk melakukan penanggulangan," katanya saat dihubungi BERITA KBB, Senin 21 September 2020.

Dia mengungkapkan, banjir bandang di sekitar Cicurug, Sukabumi ini diduga berasal dari luapan sungai-sungai di sekitarnya yang dipicu hujan lebat. Jika dalam kondisi normal, daerah tersebut cukup aman meski di daerah sekitarnya terdapat banyak sungai kecil.

Baca Juga: Keren! Ini 10 Bagunan Bersejarah di Bandung Barat, No 7 Sudah Jadi Cagar Budaya Nasional

Menurut Ahmad, banjir bandang di Cicurug, Sukabumi bukan kali ini saja terjadi di daerah tersebut. "Sebelumnya juga ada, tapi yang sekarang ini memang cukup besar dan debit airnya cukup tinggi," katanya.

Ahmad mengungkapkan, pihaknya masih menunggu laporan petugas BPBD Kabupaten Sukabumi di lapangan. Hingga pukul 19.00, ia mengaku belum menerima informasi situasi terkini yang dilaporkan ke Pusdalops.

"Petugas sampai sekarang masih di lapangan, mungkin mereka terkendala hujan juga. Jadi kami belum mendapat update informasinya," ujar Ahmad.

Baca Juga: Peralihan Musim, Waspada Penyakit dan Bencana Alam

Sementara itu, beberapa video yang diunggah netizen di YouTube menunjukkan banjir bandang di wilayah tersebut. Tampak sejumlah warga berada di lokasi banjir bandang Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Sebuah mobil truk boks juga tampak terjebak di tengah banjir bandang tersebut.***

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x