Neng Lilis Nuraeni, Juara Pertama Sayembara Penulisan Cerita Rakyat Provinsi Jawa Barat 2023

- 11 Juni 2024, 09:35 WIB
Neng Lilis Nuraeni bersama Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Dr. Herawati, S.S, M.A saat menerima penghargaan sebagai juara pertama sayembara penulisan cerita daerah provinsi Jawa Barat tahun 2023. Puluhan kali gagal sekali tembus langsung dapat juara. Tokoh inspiratif Jawa Barat dari Subang
Neng Lilis Nuraeni bersama Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Dr. Herawati, S.S, M.A saat menerima penghargaan sebagai juara pertama sayembara penulisan cerita daerah provinsi Jawa Barat tahun 2023. Puluhan kali gagal sekali tembus langsung dapat juara. Tokoh inspiratif Jawa Barat dari Subang /Qoni Makhfudoh /ISTIMEWA

BERITAKBB – Neng Lilis Nuraeni berhasil mendapatkan juara pertama dalam sayembara penulisan cerita rakyat provinsi Jawa Barat pada tahun 2023.

Namun sebelumnya, Neng Lilis Nuraeni atau lebih akrab dipanggil Lilis, mengaku mengalami puluhan kali gagal masuk juara.

Hingga berkat kerja keras dan semangat pantang menyerahnya, pada akhirnya sosok yang saat ini bekerja sebagai salah satu karyawan pabrik sepatu di kota Subang itu mampu tembus juara 1.

"Saya hanya tamatan SMP, meski saat ini sudah mengantongi ijazah Paket C, tapi sepertinya untuk mengikuti program internal hiring yang biasa diadakan di perusahaan tempat saya bekerja, kemungkinannya sangat tipis karena posisi yang dibutuhkan rata-rata memerlukan lulusan D3 atau S1 yang kompeten di bidangnya," ujarnya.

Baca Juga: Profil Lengkap Romy Sastra, Penyair Go Internasional yang Berprofesi Sebagai Pedagang Kaki Lima

Usut punya usut, Lilis mengikuti ujian paket C atau setara SMA, untuk memenuhi nazarnya, setelah menjadi juara di sebuah event kepenulisan pada tahun 2012.

"Saat itu di tahun 2012 ada lomba menulis puisi dan cerpen. Alhamdulillah saya mendapatkan juara 3 di kategori menulis puisi. Akhirnya karena hal itu, saya mengikuti ujian kesetaraan paket C!" lanjutnya.

Mendapatkan dukungan penuh dari suami, juga menjadi motivasi besar dalam proses pencapaian Lilis saat ini. Setidaknya istri dari Adi Heryana kini, sudah memiliki passion yang besar untuk terus menulis dan terjun dalam bidang literasi di Indonesia.


"Saya suka menulis, dan saya ingin menjadi seorang penulis. karena menulis adalah salah satu pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah, hehehe. Soalnya ijazah saya tidak mumpuni untuk pekerjaan yang dahulu saya cita-citakan. Dulu saya bercita-cita ingin menjadi guru. Selain itu, saya juga ingin belajar lebih banyak lagi tentang literasi meski mungkin agak terlambat," aku Lilis yang mulai giat menulis setelah usianya berkepala tiga.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh

Sumber: Wawancara Eksklusif


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah