Buruh Tolak Upah Minimum 2021, Begini Reaksi Pemprov Jawa Barat

- 27 Oktober 2020, 18:37 WIB
Ribuan buruh gelar aksi tolak tidak naiknya upah minimum tahun 2021 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).*
Ribuan buruh gelar aksi tolak tidak naiknya upah minimum tahun 2021 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).* /ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/

BERITA KBB - Aksi penolakan langsung disuarakan oleh para buruh terkait tidak naiknya upah minimum 2021.

Terkait penolakan buruh terhadap tidak naiknya upah minimum ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) memberikan rekomendasi.

Rekomendai tersebut adalah agar Gubernur segera melakukan penetapan terkait Upah Minimum Provinsi.

Baca Juga: Ini Daftar Pemain Sinetron 'Ikatan Cinta RCTI' yang Sudah Menikah dan Punya Pasangan

Penetapan UMP ini selambat-lambatnya ditetapkan pada 1 November 2020, kata Kepala Disnakertrans Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi .

Penetapan UMP Jawa Barat nantinya harus melalui rekomendadi dari dewan pengupahan provinsi dan merujuk pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan.

"Sesuai dengan PP harus ditetapkan selambat-lambatnya 1 November dan diumumkan. Jadi isinya sesuai dengan surat edaran dari Kemenaker," kata Rachmat di Bandung, Selasa 27 Oktober 2020.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta RCTI Masih Pimpin Rating TV Dibayang-Bayangi Anak Band SCTV

Selanjutnya Upah Minimum Kota (UMK), kata dia, bakal ditetapkan 21 hari setelah UMP ditetapkan. Maka dari itu, ia juga menyarankan setiap kabupaten dan kota agar segera melakukan survei.

Halaman:

Editor: Syamsul Maarif

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x