Harus Kepada Siapa Sedekah Subuh di Berikan? Ini Penjelasan- Nya!

- 7 Juni 2022, 09:06 WIB
sedekah subuh
sedekah subuh /Pixabay/ Konevi/
   
 
BERITA KBB - Sedekah subuh merupakan salah satu dilakukan sedekah terbaik. Sebab di setiap waktu subuh malaikat turun dan mendoakan orang-orang yang bersedekah.
 
Seperti telah disampaikan dalam sebuah hadist "Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoakan, ‘Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan yang satu lagi berkata, ‘Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil," (H.R. Bukhari dan Muslim).
 
Sedekah subuh bukan saja tugas bahi kaum laki-laki tetapi juga tugas untuk setiap yang ada di alam semesta ini. Yang menjadi permasalah klasik di zaman ini, di mana orang yang akan bersedekah ini masih mencari-cari dimana ditempatkan atau orang untuk menerima sedeqah. 
 
 
Tak jarang kita melihat orang di pagi- pagi atau subuh membagikan makanan , pakai, uang dan yang lainya di jalan-jalan atau di tempat yang lainya. Apakah itu salah atau benar?
 
Tidak ada yang salah atas apa yang mereka lakukan di jalanan dengan niat baik dengan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, tapi kalau di tinjau oleh dalil dan yang di contohkan sang Nabi mungkin kurang tepat guna, lantas kepada siapa sedeqah subuh di berikan menurut tuntunan sang Nabi?
 
Sebelum memberikan sedekah kepada orang lain, atau yang jauh baiknya kita memcoba melihat orang-orang terdekat dahulu. Mungkin mereka sedang membutuhkan bantuan dari sedekah subuh kita. 
 
 
Pada sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Daud di mana Rasulullah SAW. pernah di tanya Ya Rosululloh kepada siapa sedekah ini harus di sedekahkan dan jawabannya pun 
 
Rosululloh mengatakan:
 
“Bersedekahlah engkau!” Lalu seorang laki-laki bertanya, “Aku punya satu dinar.”
 
Rasulullah SAW. menjawab, “Pergunakanlah itu untuk dirimu sendiri!”
 
Laki-laki itu bertanya, “Aku punya satu dinar lagi.”
 
“Gunakanlah untuk istrimu!”
 
Laki-laki itu bertanya lagi, “Aku punya satu dinar lagi!”
 
Rasulullah SAW. menjawab kembali, “Gunakanlah untuk anak-anakmu!” Kata laki-laki itu, “Aku masih punya satu dinar lagi!.
 
“Gunakanlah untuk pelayanmu!” jawab Rasulullah SAW.
 
Laki-laki itu bertanya lagi, “Aku punya satu dinar lagi!”
 
Rasulullah SAW. bersabda, “Terserah kepadamu, engkau lebih tahu menggunakannya.” 
 
Jika melihat hadis di atas, kita simak akan tahu dimana prioritas golongan yang berhak mendapatkan sedekah subuh yang kita keluarkan. 
 
Setelah keperluan diri sendiri dan keluarga terpenuhi, lalu begitupun orang-orang terdekat, maka kita bisa memberikan sebagian harta kepada orang-orang yang membutuhkan lainnya. Baik itu kepada fakir, miskin, atau melalui perantara lembaga kemanusiaan.
 
Mengeluarkan sebagian harta dengan mengamalkan sedekah subuh secara rutin akan memberikan banyak manfaat ke dalam hidup. Hidup menjadi berkah dan harta menjadi lebih bersih dari hak-hak yang bukan menjadi milik kita
 
Bersedekah kepada saudara atau kerabat sangat dianjurkan. Memberikan sedekah kepada mereka akan mendapatkan dua keuntungan sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW.
 
"Bersedekah kepada orang miskin itu termasuk sedekah, dan bersedekah kepada kerabat ada dua (keuntungan): termasuk sedekah dan (menjalin) silaturahmi," (H.R. Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah).***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x