Kumpul Doa- Doa Cara Mengusir Jin Dari Rumah Kita!!!

- 7 Juni 2022, 09:38 WIB
Ilustrasi Jin. Kumpul Doa- Doa Cara Mengusir Jin Dari Rumah Kita!!!
Ilustrasi Jin. Kumpul Doa- Doa Cara Mengusir Jin Dari Rumah Kita!!! /pixabay/mohamed_hassan
 
 
BERITA KBB - Adanya gangguan Jin disekitar kita tentu bukan suatu hal baru. Menginggat kita pun hidup berdampingan di alama semesta ini.
 
Sama seperti manusia, jin terbagi 2 ada jin muslim dan non muslim, jin Muslim pun terbagi 2 ada yang baik dan tidak baik. 
 
Selain jin non muslim ada juga jin muslim yang bisa di kategorikan nakal. Agar memiliki hunian yang aman dari gangguan jin , hingga  nyaman untuk di tempati, ada beberapa cara mengusir jin dari rumah.
 
 
 
Biasanya rumah merasa tidak nyaman di tempati seperti timbulnya cekcok pasangan, anak-anak sakit-sakitan hingga menganggu akan roda perekonomian keluarga. 
 
Hal  tersebut dilakukan saat merasa jin mulai mengganggu keseharian.
 
Tidak dapat dipungkiri bahwa jin lebih banyak ketimbang hitungam Manusia, karena jin di turunkan kedunia 6000 tahun sebelum manusia pertama Nabi Adam as dan Siti hawa as. 
 
 
Mungkin saja tempat yang kita tempati sudah terlebih dahulu di tempati Jin, baik jin Muslim atau Non muslim.
 
Mari simak penjelasan di bawah ini
 
Menurut Jumhur Ulama agar terhindar dari berbagai pengaruh jahat jin, manusia hendaknya banyak mengingat (berzikir) kepada Allah SWT, dan berdoa dalam setiap situasi dan kondisi apapun.
 
Selain selalu berzikir setelah sholat, ada doa-doa  yang bisa dipanjatkan sebagai cara mengusir jin di rumah
 
 
Banyak doa-doa yang berkhasiat bisa mengusir jin. Dan di antaranya ada 5 doa untuk mengusir jin :
 
1. Membaca Surat Al-Baqarah
 
Cara yang paling efektif adalah membacakan surat Al-Baqarah satu surat penuh. Ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
 
لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة
 
Artinya: “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim, At-Turmudzi)
 
Hal ini juga diperkuat dengan hadits lain dari sahabat Ibnu Mas’ud, yang mengatakan:
 
إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ
 
Artinya: “Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR Ad-Darimi, At-thabrani)
 
Jin yang lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah ini adalah setan yang mengganggu secara zahir atau terang-terangan.
 
Sebagaimana keterangan dari Ibnu Hibban, yang didapat dari Imam Abu Hatim:
 
قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ
 
Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Setan tidak akan memasuki rumahnya’, maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu), bukan yang lainnya.” (HR Ibnu Hibban)
 
Jumhur ulama dan Para ahli Hikmah di antara surat albaqoroh yang paling di takutk jin adalah surat albaqoroh  ayat ‪255-257‬
 
اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَـيُّ الْقَيُّوْمُ ۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ ۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗۤ اِلَّا بِاِ ذْنِهٖ ۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ ۚ وَلَا يَــئُوْدُهٗ حِفْظُهُمَا ۚ وَ هُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
 
"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar."
 
لَاۤ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِ ۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِا لطَّا غُوْتِ وَيُؤْمِنْ بِۢا للّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِا لْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَا مَ لَهَا ۗ وَا للّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
 
"Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
 
اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ ۗ وَا لَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اَوْلِيٰۤــئُهُمُ الطَّا غُوْتُ ۙ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِ ۗ اُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّا رِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
"Allah Pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya."
_Bacalah 3 ayat tersebut setiap pagi dan petang_
 
2. Baca Doa Masuk Rumah
 
Dari Jabir bin Abdillah Al-ansori Ra , Rasulullah SAW bersabda:
 
إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ
 
Artinya: “Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’
 
Dan jangan lupa setiap kita masuk rumah yang berpenghuni atau tidak maka bacalah bismillah dan jangan lupa ucapkan salam ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim, Abu Daud dan yang lainnya)
 
3. Baca Doa Hendak Makan dan minum
 
Sesuai dengan hadits  sebelumnya, membaca basmalah saat akan makan akan menjadi penghalang setan untuk ikut makan.
 
Ini tentunya dapat menjadi cara mengusir jin dari rumah, karena doa tersebut tidak mengharapkan kehadiran jin di dalam rumah bahkan saat makan.
 
4. Baca Doa Ketika Menutup Pintu
 
Dari Jabir bin Abdillah Al-ansori RA, Rasulullah SAW memberikan banyak saran agar tidak terganggu jin. Salah satunya:
 
وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا
 
Artinya: “Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR Bukhari, Muslim dan yang lainnya)
 
5. Berdoa Ketika Keluar Rumah
بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
 
(Bismillahi tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah)
 
Artinya: “Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”
 
Dalam hadits disebutkan, siapa yang keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:
 
كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ
 
“Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.” (HR Abu Daud, Turmudzi).***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x