Keutamaan Sebuah Sedekah, Ini Dia Penjelasannya

- 21 Juni 2022, 00:09 WIB
Ilustrasi manfaat sedekah
Ilustrasi manfaat sedekah /Galamedia/
 
 
BERITA KBB - Sedekah merupakan hal yang patut setiap orang lakukan sebagai salah satu cara mereka mensyukuri atas nikmat yang ada.
 
Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ibadah ini mampu menghapuskan dosa-dosa dan menolak bala. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bersedekah, baik bagi penerima maupun yang memberi.
 
Sedekah juga mempunyai arti yaitu membelanjakan harta atau mengeluarkan dana dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah.
 
 
Di dalam Al-Quran, banyak ayat yang menjelaskan tentang perintah bersedekah, antara lain:
 
وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
 
Artinya: "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS: Al-Baqarah: 195)
 
Allah SWT juga berfirman:
 
مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
 
Artinya: "Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS: Al-Baqarah: 245)
 
 
Dilansir diberbagai sumber, Adapaun beberapa keutamaan dalam bersedekah yang telah Berita KBB rangkum diantaranya :
 
1. Dapat Menghapus Dosa
Rasulullah SAW memberikan contoh salah satu manfaat sedekah dalam sebuah hadis.
 
Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).
 
Diampuninya dosa karena bersedekah tentu harus dibarengi dengan taubat atas dosa yang dilakukan.
 
 
Setelah hal tersebut dilakukan dengan baik, maka tinggal berserah diri kepada Allah SWT atas segala amalan baik yang dilakukan, termasuk sedekah.
 
2. Mendapatkan Syafaat
Orang yang bersedekah akan mendapatkan syafaat atau naungan di hari akhir, Hal itu disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW.
 
Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah SAW, yaitu hari akhir.
 
Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:
 
“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari).
 
 
3. Pahala yang Terus Berkembang
Walaupun hanya sedikit dan tak terasa, justru pahala yang berasal dari sebuah sedekah akan terus berkembang hingga menjadi besar. Apalagi jika sudah menjadi rutinitas dan menjadi kebiasaan sehari-hari.
 
Seperti menabung, manfaat sedekah ini akan terasa karena pahala yang mengalir. Rasulullah SAW bersabda:
 
“Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya.
 
Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda.
 
Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud,” (HR At-Tirmidzi).
 
4. Amalan yang Tak Terputus
Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
 
“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya,”.
 
Meski kecil, bersedekah akan menjadi amalan yang tak terputus. Dan ini akan menolong seseorang di akhirat yang dapat menambahkan pahala dan menyelamatkannya dari api neraka.
 
Bersedakah dengan ikhlas dan suka cita tentunya akan menjadi amalan yang dicintai oleh Allah SWT.
 
5. Membuka Pintu Rezeki
Manfaat sedekah lainnya adalah dapat membuka pintu rezeki. Karena pada dasarnya dalam Islam, memberi itu bukan berkurang.
 
Tetapi Allah SWT tambahkan kembali meski bukan berupa materi, namun akan membuka pintu rezeki dari arah yang tidak dikira sebelumnya.
 
Mengenai pintu reseki lewat sedekah, hal tersebut dijelaskan dalam beberapa hadis, seperti saat Rasulullah SAW bersabda dalam hadits Riwayat Baihaqi:
 
“Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dengan mengeluarkan sedekah.”
 
Demikianlah keutamaan sedekah yang tak pernah ada habisnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa bersedekah.***
 
 
 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x