Amalan Apa Yang Setara Dengan Haji dan Umrah? Simak Penjelasan!

- 30 Juni 2022, 14:16 WIB
Amalan Apa Yang Setara Dengan Haji dan Umrah? Simak Penjelasan!
Amalan Apa Yang Setara Dengan Haji dan Umrah? Simak Penjelasan! /Sunardi Panjaitan/jurnalmedan.com
 
 
BERITA KBB - Setiap umat muslim tentunya ingin menunaikan ibadah umrah dan haji agar bisa menyempurnakan ibadahnya. Banyak orang yang senantiasa berlomba - lomba menabung untuk datang kepada rumah Allah tersebut. 
 
Hal tersebut merupakan hal yang selalu dijadikan mimpi bagi setiap umat muslim. Karena Ibadah haji dan umroh merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat muslim yang mampu secara lahir dan batin untuk menunaikannya.
 
Nah, perlu kalian ketahui bahwa ada 3 amalan yang setara dengan menunaikan ibadah haji dan umrah. 
 
 
Dilansir dari BPKH, Berikut tiga amalan yang dapat setara dengan ibadah haji dan umrah yaitu :
 
1. Mendirikan Salat Sunnah
 
Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW bersabda:
 
“Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju (untuk melaksanakan) sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Siapa yang keluar untuk sholat Sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya (setara dengan) orang yang berumroh. Dan (melakukan) shalat setelah shalat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis dim ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih).” (HR Abu Daud dan Ahmad)
 
2. Menghormati Orang Tua
 
Ini sebagaimana perkataan Nabi SAW ketika ada seorang pria yang datang kepadanya dan berkata,” Saya ingin berjihad tapi tidak mampu melakukannya.”
 
 
Lalu Nabi SAW bertanya, “Apakah orang tuamu masih ada?” Lelaki itu menjawab, “(Ada), ibu.” Kemudian Nabi bersabda, “Bertakwalah kepada Allah SWT dengan berbuat baik pada ibumu. Jika kamu berbuat baik padanya, maka kamu menjadi orang yang telah berhaji, umroh, dan seorang mujahid tentu bila ibumu telah meridhoimu. Maka bertakwalah kepada Allah SWT, dan hormati ibumu.” (HR Ath-Thabrani)
 
3. Bertasbih, Bertakbir, dan Bertahmid Setiap Habis Sholat Sebanyak 33 Kali
 
Diriwayatkan dari Abu Hurairah. Suatu ketika orang-orang miskin mendatangi Rasulullah SAW.
 
 
Mereka pun berkata, “Orang-orang kaya telah memborong derajat-derajat ketinggian dan kenikmatan yang abadi. Mereka sholat sebagaimana kami sholat, dan mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa. Namun mereka memiliki harta yang banyak sehingga bisa berhaji, umroh, berjihad, dan bersedekah.”
 
Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku ajarkan kepada kalian sesuatu yang karenanya kalian bisa menyusul orang-orang yang mendahului kebaikan kalian, dan kalian bisa mendahului kebaikan orang-orang sesudah kalian, dan tak seorang pun lebih utama daripada kalian selain orang yang berbuat seperti yang kalian lakukan?”
 
Lalu mereka menjawab, “Baiklah, wahai Rasulullah?” Kemudian Nabi SAW bersabda, “Kalian bertasbih, bertakbir, dan bertahmid setiap habis sholat sebanyak 33 kali.” (HR Bukhari)
 
Itulah 3 amalan yang pahalanya setara dengan orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x