Khutbah Jumat 1 Juli 2022 Dengan Tema Keistimewaan Bulan Dzhulhijjah

- 1 Juli 2022, 08:33 WIB
Naskah Khutbah Jumat terbaru, 1 Juli 2022 edisi menyambut Idul Adha 1443 H.
Naskah Khutbah Jumat terbaru, 1 Juli 2022 edisi menyambut Idul Adha 1443 H. /Pixabay/kirill_sobolev


BERITA KBB- Berikut adalah khutbah Jumat tanggal 1 Juli 2022 dengan tema keutamaan bulan dzulhijjah. Pada bulan ini, umat muslim di anjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah.

Pada bulan ini, banyak sekali keutamaan dan keistimewaan  yang akan kita raih apabila menunaikan amalan ibadah yang diperintah Allah Swt.

Di bulan Dzulhijjah ini, Umat muslim dapat memperbanyak dzikir, sedekah, membaca Al-Quran, salawat Nabi, dan puasa sunnah.

Baca Juga: Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-19 Vs Vietnam U-19 Di Piala AFF U-‪19 2022‬

Simak Khutbah Jumat berikut, yang membahas keutamaan dan keistimewaan bulan Dzulhijjah.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt, tepat pada hari Jumat yang berkah ini kita telah memasuki tanggal 1 Bulan Dzulhijjah.

Allah memerintahkan kepada umat-Nya agar memperbanyak amal ibadah. Amal ibadah yang dilakukan pada bulan ini tentu memiliki keutamaan dan keistimewaan yang akan diraih bagi muslim yang menjalankannya.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV Cintaku Zonk Ke Pelaminan, Ada Saniche Margaretha dan Hardi Fadhillah

Pada hari ke-1 sampai 10 Dzulhijjah, terdapat hari yang paling utama dari lainnya yakni hari ke-9 dzulhijjah atau disebut dengan hari Arafah.

Di hari Arafah ini, umat muslim diharuskan untuk memperbanyak amal kebaikan dan memperbanyak doa sebab dibulan ini dosa-dosa yang kita lakukan akan terhapuskan selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Selain itu, pada hari arafah ini Allah akan menutup neraka bagi hambanya sebanyak yang dibebaskan pada hari Arafah.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat Jelang Idul Adha : Dahsyatnya Pahala dan Keutamaan Ibadah Kurban

Dalam haditsnya, Rasulullah menjelaskan keutamaan hari arafah yakni

‏ مَا رُؤِيَ الشَّيْطَانُ يَوْمًا هُوَ فِيْهِ أَصْغَرُ، وَلَا أَدْحَرُ وَلَا أَحْقَرُ، وَلَا أَغْيَظُ مِنْهُ فِي يَوْمِ عَرَفَةَ (رواه الإمام مالك)

Maknanya: “Tidaklah setan terlihat lebih terhina, lebih terusir, lebih ternista dan lebih marah kecuali pada hari arafah” (HR Imam Malik)

Adapun keutamaan lain di hari Arafah ini adalah Allah akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan dengan penuh keyakinan, Nabi bersabda:

‏‏أَفْضَلُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ ‏‏عَرَفَةَ ‏‏وَأَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ ‏لَا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ (رواه الإمام مالك)

Maknanya: “Doa yang paling utama adalah doa pada hari arafah dan sebaik-baik yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah kalimat tauhid

Baca Juga: Suhu Udara Terasa Dingin di Pagi Hari? Ternyata Ini Penjelasan BMKG Bandung

لَا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ”

Maka dari itu, manfaatkanlah sebaik mungkin bulan Dzulhijjah ini dengan berlomba-lomba menjalankan kebaikan yang Allah perintahkan.

Semoga kita mendapatkan ridho dan karunia-Nya untuk menjadi hamba yang taat, meraih pahala serta ampunan dari Allah Swt.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x