Simak! 5 Tanda Allah Telah Menerima Taubat dari Hambanya

- 6 Februari 2023, 10:41 WIB
Ciri Seorang Hamba Diterima Taubatnya Oleh Allah
Ciri Seorang Hamba Diterima Taubatnya Oleh Allah /pexels/

 

BERITA KBB – KH Nurul Irfan, dari anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa umat Islam diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan taubat sebagai dari tindakan salah yang telah ia perbuat.

KH Nurul Irfan juga mengatakan bahwa taubat ini adalah salah satu bentuk penyesalan dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali atas segala perbuatan buruk yang selama dilarang oleh Allah SWT. Adapun proses taubat sendiri haruslah dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

Kemudian juga KH Nurul Irfan mengatakan bahwa menurut Imam Nawawi, ada tiga syarat seseorang melakukan taubatan nasuha. Yang pertama, ia menyatakan tak mau lagi untuk melakukan kemaksiatan yang telah rutin dilakukan olehnya. Kedua, haruslah berjanji untuk tak mengulang perbuatan yang sering dilakukannya. Kemudian yang terakhir yaitu mencabut diri atau berhenti total terhadap perbuatan apa yang sering dilakukan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 6 Februari 2023 Seluruh Indonesia: Dua Wilayah Diguyur Hujan Petir Siang Ini

Berikut 5 tanda allah telah menerima taubat dari hambanya:

  1. Allah mudahkan dalam hatinya muncul rasa nikmat beribadah. Salah satunya yaitu holat dapat dengan khusyu, nikmat duduk lama sambil dzikir, nikmat mengerjakan sholat malam.
  2. Allah mudahkan ia dalam mengerjakan amalan sunnah. maka jika sudah nikmat dengan yang wajib maka ia juga akan dekat dengan sunnah.
  3. Allah mudahkan baginya bertemu dengan teman yang shalih atau shalihah untuk dapat menemani langkah bersama.
  4. Hatinya lembut dan mudah menerima nasehat.
  5. Mudah menangis. Bukan nangis karena pacar ya, tapi menangis karena mengingat dosa atau melakukan perbuatan dosa.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling (Simling) di Kota Bandung 6-12 Februari 2023, Lengkap Dengan Syarat dan Lokasi Layanan

Itulah beberapa tanda Allah telah menerima taubat hambanya. karena salah satu ciri orang yang bertakwa yaitu orang-orang melakukan kebencian terhadap kemaksiatan dan langsung ingat Allah memohon ampunan atas dosa yang mereka kerjakannya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: mui.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x