Hukum Sikat Gigi dan Berkumur Saat Berpuasa, Benarkah Membatalkan?

- 27 Maret 2023, 12:21 WIB
Ilustrasi Hukum sikat gigi saat sedang menjalani puasa, apakah boleh sikat gigi? Penjelasan hukum sikat gigi, cek di sini.
Ilustrasi Hukum sikat gigi saat sedang menjalani puasa, apakah boleh sikat gigi? Penjelasan hukum sikat gigi, cek di sini. /Pixabay/@stevepb
 

BERITA KBB- Berpuasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum secara sengaja serta hal yang membatalkan lainnya, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Dalam aktivitas sehari-hari, ternyata ada banyak yang masih dipertanyakan mengenai hal-hal yang membatalkan puasa.

Bahkan ada sebagian yang mengatakan kalau salah satu penyebab puasa batal karena sikat gigi.
 
Baca Juga: Hari Ini Kepaksa Iftar di Jalan? Berikut Jadwal Buka Puasa Ramadhan 2023 Senin 27 Maret 2023 untuk Kota Cimahi

Membersihkan gigi tentu menjadi kebiasaan sehat yang harus dilakukan. Karena dengan menyikat gigi, otomatis kesehatan gigi akan lebih terjaga, dan terhindar dari kuman.

Namun, bagaimana jika menyikat gigi justu membatalkan puasa? Apakah selama berpuasa tidak diboleh menyikat gigi?

Pertanyaan inilah yang sampai saat ini menjadi problem di masyarakat. Akan tetapi, para ahli ulama telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis beliau mengatakan kalau menyikat gigi itu tidak membatalkan puasa. Meskipun dilakukan pada pagi hari.
 
Baca Juga: Ada Entong dan Family 100 di Bulan Ramadhan 2023, Catat Jadwal TV di MNCTV Senin 27 Maret 2023

Akan tetapi, menyikat gigi jika dilakukan pada waktu zuhur hukumnya menjadi makruh.

Begitupun, ketika berkumur-kumur dalam wudhu atau pada saat menyikat gigi jangan sampai air tertelan, maka itu menjadi penyebab puasa batal.

Hal yang sama ketika menyikat gigi, jangan sampai ada pasta gigi yang tertelan karena ini pun dapat membatalkan puasa.

Dengan demikian, menyikat gigi pada saat berpuasa hukumnya tidak dilarang, namun harus tetap dibatasi aktivitasnya agar tidak ada air maupun pasta gigi yang tertelan.

.*** 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah