Ziarah Kubur Saat Lebaran: Manfaat, Tata Cara, Adab, dan Bacaan Doa Lengkap dengan Latin dan Artinya

- 27 April 2023, 16:00 WIB
Tradisi ziarah kubur. Berikut informasi lengkap terkait ziarah kubur yang menjadi tradisi Lebaran, mencakup tata cara, adab, dan bacaan doa lengkap dengan latin dan artinya.
Tradisi ziarah kubur. Berikut informasi lengkap terkait ziarah kubur yang menjadi tradisi Lebaran, mencakup tata cara, adab, dan bacaan doa lengkap dengan latin dan artinya. /Foto/ ANTARANEWS/

Berita KBB - Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi rutin yang dilakukan masyarakat umat Muslim di Indonesia pada momen Lebaran 2023. Tidak hanya sebatas tradisi masyarakat Indonesia dalam rangka Idul Fitri, ziarah kubur memang dianjurkan dalam ajaran Islam.

Dikutip Berita KBB dari NU Online, Kamis 27 April 2023, ziarah kubur memiliki banyak manfaat, baik manfaat untuk peziarah, maupun bagi orang yang diziarahi atau ahli kubur.

Bagi peziarah, kegiatan ziarah kubur ini dapat mengingatkan kembali dengan kehidupan akhirat. Seringkali manusia terlalu sibuk mengejar dunia sehingga membuat jiwanya hampa dari nilai-nilai spiritual.

Baca Juga: Mengejutkan! Melly Goeslaw Hanya Bisa Makan 1 Sendok, Usai Jalani Bariatric

Dengan berziarah ini, seseorang akan mendapat pahala dari Allah SWT melalui bacaan-bacaan yang dibacanya, dan dapat mengingat kembali akan alam akhirat.

Adapun untuk ahli kubur, mereka dapat diangkat derajatnya dan diringankan siksanya karena bacaan-bacaan yang dihadiahkan kepada mereka.

Supaya kegiatan ziarah kubur ini afdol dan memberikan manfaat yang maksimal, tentu umat Muslim harus mengetahui adab ziarah kubur dan mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Shoong' By Taeyang Bigbang Ft Lisa BlackPink, TRENDING YOUTUBE!

Bagaimana adab ziarah kubur itu? Ada 3 pendapat terkait adab dalam melaksanakan ziarah kubur. Pertama menurut Syekh Dr Musthafa Al-Khin, Syekh Musthafa Al-Bugha dan Syekh Ali Asy-Syarbaji, adab ziarah kubur yang harus diamalkan antara lain:

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x