Planet Mars Dekati Bumi Hari Ini, 6 Oktober 2020, Terjadi 15 Tahun Sekali

- 6 Oktober 2020, 13:08 WIB
Ilustrasi: planet Mars/
Ilustrasi: planet Mars/ /PIXABAY/BrunoAlbino

BERITA KBB – Berbagai fenomena alam yang menakjubkan terjadi secara beraturan di alam semesta. Terbaru, yaitu Planet Mars yang akan berada di posisi terdekatnya dengan Planet Bumi pada Selasa, 6 Oktober 2020 ini.

Dalam pengamatan bintang, planet merah ini akan tampak terlihat cerah, besar dan mudah diamati dengan teleskop atau dengan mata telanjang sekalipun. Jarak Planet Mars untuk posisi terdekatnya dengan Bumi yaitu 38,57 juta mil.

Peristiwa yang disebut Oposisi Mars tersebut terakhir terjadi pada 2018 lalu dengan jarak 35.8 juta mil menandai jarak terdekat kedua planet dalam 15 tahun.

Baca Juga: Link Live Streaming Kisah Nyata Indosiar, 'Mengapa Aku Bertemu Jodoh yang Salah', Sedang Tayang

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melaporkan pada minggu ini, Planet Mars akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi dan peristiwa yang sama akan terulang lagi pada 15 tahun yang akan datang.

Para peneliti mengatakan masyarakat tidak perlu cemas akan peristiwa ini, hal ini dikarenakan Mars dan Bumi berada di orbit berbentuk sedikit elips, yang artinya keduanya akan sangat dekat satu sama lain namun tidak akan saling bertabrakan.

Dikutuip dari PR Bekasi dalam artikel Mars Akan Berada dalam Jarak Terdekat dengan Bumi pada Minggu Inipertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion).

Baca Juga: SINOPSIS, Bawang Putih Berkulit Merah Malam Ini, Episode 173, Ada apa dengan wajah Dennis? Eliza..

"Ketika Mars, Bumi dan matahari menjadi sejajar, planet merah akan terlihat hampir sepanjang malam di langit selatan dan berada pada titik tertinggi sekitar tengah malam," kata perwakilan NASA, dikuti Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs People, Selasa, 6 Oktober 2020.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: PR Bekasi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x