Ini 5 Fakta Menarik dari Maulud Nabi Muhammad SAW, Simak Disini!

- 29 Oktober 2020, 12:02 WIB
Menyambut Maulid Nabi Muhammad 2020, Ini 5 Bacaan Sholawat yang wajib Saat Maulid Nabi.
Menyambut Maulid Nabi Muhammad 2020, Ini 5 Bacaan Sholawat yang wajib Saat Maulid Nabi. /PIXABAY/Abdullah Shakoor


BERITA KBB- Bulan Rabiul Awwal identik dengan kelahiran manusia terbesar sepanjang zaman yakni Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia sendiri peringatan Maulud Nabi Muhammad dijadikan hari besar nasional ditandai dengan tanggal merah atau hari libur.

Bahkan pada tahun ini pemerintah menetapkan cuti bersama Maulud Nabi Muhammad SAW sehingga akan ada libur panjang dari Rabu, 28 Oktober, sampai Minggu, 1 November 2020.

Banyak fakta menarik soal Maulud Nabi Muhammad ini. Berikut lima fakta menarik seperti dikutip dari Jurnal Soreang berjudul Lima Fakta Menarik Soal Maulid Nabi Muhammad SAW

Baca Juga: Kenapa Nomor eKTP Tidak Terdaftar Sebagai Penerima BPUM Rp2,4 Juta? Solusinya Lengkapi Syarat Ini

Baca Juga: Kerap Kritik Pemerintah, Rizal Ramli Tiba-Tiba Puji Satu Menteri: Jujur, Sederhana, Kaya Prestasi


1. Perayaan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW menurut catatan Ahmad Tsauri dalam Sejarah Maulid Nabi (2015) bahwa perayaan Maulid Nabi sudah dilakukan oleh masyarakat Muslim sejak tahun kedua hijriah.

Catatan tersebut merujuk pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa’ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa. Dalam catatan tersebut dijelaskan seorang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari amirul mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Dari Madinah, Khaizuran juga menyambangi Makkah dan melakukan perintah yang sama kepada penduduk Makkah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Jika di Madinah bertempat di masjid, Khaizuran memerintahkan kepada penduduk Makkah untuk merayakan Maulid di rumah-rumah mereka.

Baca Juga: 10 Kata-Kata Ucapan di Maulid Nabi Muhammad SAW, Sangat Pas Dijadikan Quotes di Media Sosia

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Jurnal soreang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x