Sarapan Tidak Mesti Selalu Makan Nasi! Berikut 5 Alternatif Menu Sarapan Sehat yang Bisa Dicoba

- 3 Februari 2023, 11:08 WIB
Bosan makan nasi atau roti, berikut alternatif-alternatif menu sarapan yang bisa Anda coba.
Bosan makan nasi atau roti, berikut alternatif-alternatif menu sarapan yang bisa Anda coba. /pixabay/

BERITA KBB - Sebelum mulai menjalani aktivitas, setiap orang perlu untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan memberikan asupan energi awal yang dibutuhkan agar bisa beraktivitas dengan optimal, apalagi bila membutuhkan kekuatan fisik.

Di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Sampai-sampai ada istilah yang menyebutkan “belum makan kalau bukan nasi”, padahal sumber karbohidrat bukan hanya terbatas pada nasi.

Bila Anda bosan sarapan dengan nasi, ada beberapa alternatif menu yang mengandung karbohidrat seperti roti. Tapi, kalau makan roti membosankan juga, masih ada banyak menu sarapan lain yang mungkin tidak Anda bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan 5 Februari 2023. Pertandingan Seru Persib Bandung vs PSS Sleman dan Man City vs totenham

Berikut BeritaKBB rangkum 7 alternatif menu sarapan sehat selain nasi dan roti yang bisa Anda coba di pagi hari, dihimpun dari Health.com.

  1. Oatmeal

Menu sarapan klasik ini memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya beta-glukan, yang sudah lama dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol ketika rutin dikonsumsi. Selain beta-glukan, oatmeal juga kaya akan fosfor, magnesium, zat besi dan zinc.

 

Manfaat dari oatmeal antara lain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi inflamasi, dan membantu kesehatan pencernaan. Bila Anda tidak ingin oatmeal dengan rasa plain, bisa tambahkan pemanis alami seperti buah-buahan sebagai topping.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x