Jualan Es Buah Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023? Berikut Trik Matangkan Buah Secepat Kilat, Jangan Pakai Kulkas

- 31 Maret 2023, 12:00 WIB
Jualan Es Buah Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023? Berikut Trik Matangkan Buah Secepat Kilat, Jangan Pakai Kulkas
Jualan Es Buah Takjil Buka Puasa Ramadhan 2023? Berikut Trik Matangkan Buah Secepat Kilat, Jangan Pakai Kulkas /Tangkapan layar Youtube Nuraaini Soewarto/
 

Berita KBB - Pada bulan Ramadhan 2023 ini, jualan es buah untuk takjil buka puasa merupakan salah satu bisnis kecil-kecilan yang sangat menjanjikan. Banyak masyarakat yang menyukai takjil yang satu ini, terutama mereka yang terpaksa berbuka puasa di jalan.

Dengan bermodalkan beberapa kilogram jenis buah-buahan dan bahan lainnya, kita bisa mendapat cuan di bulan Ramadhan 2023 dengan menjajakan puluhan cup es buah buatan kita sendiri di pinggir jalan raya atau tempat strategis lainnya yang ramai.

Saat kita berbelanja buah-buahan di pasar atau grosir, kita tentunya ingin memilih buah yang ranum, matang dan memiliki rasa yang manis. Hal ini tentunya demi menjamin cita rasa, kesegaran dan kenikmatan es buah yang kita jual nantinya.

Baca Juga: Kapolri Pimpin Serah Terima Jabatan Kadiv Humas Polri serta 7 Kapolda pada Jumat 31 Maret 2023

Meski demikian, kadangkala buah yang kita beli ada saja yang masih kurang matang. Buah mangga misalnya, buahnya yang belum matang biasanya berwarna lebih terang dan pucat, teksturnya keras, dan rasanya asam.


Tentunya kita lebih memilih untuk mematangkan buah daripada membeli buah pengganti. Karena 1 butir buah-buahan yang dibeli bisa digunakan untuk membuat beberapa cup es buah.


Ada cara trik jitu untuk mematangkan buah-buahan tanpa perlu membeli bahan tambahan dan memanfaatkan bahan yang ada di rumah, tapi bukan dengan menggunakan kulkas. Kulkas tidak akan bisa mematangkan buah-buahan dengan cepat.


Mengapa? Setiap buah-buahan memancarkan gas etilen yang berperan mempercepat proses pematangannya. Jika buah disimpan di kulkas, maka gas etilen akan bercampur dengan gas lain dalam kulkas, sehingga proses pematangannya lebih lama.


Lalu bagaimana caranya mematangkan buah-buahan dengan cepat? Caranya sangat mudah, cukup menggunakan bungkus atau kantung kertas. Bungkus kertas ini bisa didapatkan dengan mudah di rumah atau beli di tukang gorengan dengan harga terjangkau.


Untuk mematangkan buah-buahan dengan bungkus atau kantong kertas ini, tinggal masukkan saja buah-buahannya ke dalam bungkus atau kantong kertas, lalu diamkan selama 1-2 hari. Dijamin buah akan matang dan rasanya benar-benar manis.

Baca Juga: Beberapa Event Sepak Bola Ternyata Pernah Pindah Tuan Rumah, Piala Dunia U-20 2023 Digelar Dimana?

Hal ini berbeda dengan mematangkan buah-buahan di dalam kulkas. Karena gas etilen bercampur dengan gas lain, buah yang matang hanya sekedar lunak dan tidak terlalu berasa.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x