LENGKAP! Kondisi Terkini Semeru, Merapi, Ile Lewotolok, dan Sinabung, Berikut Rekomendasi PVMBG

- 2 Desember 2020, 13:24 WIB
Luncuran awan panas Gunung Semeru terpantau dari Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020).
Luncuran awan panas Gunung Semeru terpantau dari Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020). /Seno /ANTARA FOTO

 

BERITA KBB – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan kondisi terkini empat gunung berapi yang meletusi di pengujung 2020 ini, yaitu Gunung Semeru, Merapi, Sinabung, dan Ile Lewotolok.

PVMBG pada Rabu, 2 Desember 2020 juga mengeluarkan rekomendasi bagi masyarakat di sekitar gunung-gunung berapi tersebut.

Seperti diketahui, empat gunung berapi di Indonesia meletus dalam waktu berdekatan antara akhir Oktober hingga awal Desember 2020 ini. Terakhir, Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Selasa, 1 Desember 2020.

Baca Juga: HUT Pertama Pikiran Rakyat Media Network Telah Lahirkan 140 Inkubator Mediapreneur di Indonesia

Meletusnya Gunung Semeru tersebut hanya berselang dua hari setelah Gunung Ile Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus pada 29 November 2020.

Beberapa minggu sebelumnya, masih di bulan November, Gunung Merapi di Jawa Tengah beberapa kali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik dan mengeluarkan letusan.

Sementara akhir Oktober 2020, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara meletus pada pagi hari, meluncurkan awan panas hingga 2.000 meter ke udara.

Baca Juga: Bukan Arya Saloka, Amanda Manopo Tampil Mesra Dengan Billy di Lokasi Syuting

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: PVMBG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x