Ada 3 Varian Baru Covid-19 yang Masuk ke Indonesia, Menkes Budi Gunadi Ingatkan Akan Pentingnya Prokes

- 3 Mei 2021, 16:57 WIB
Menkes Budi Gunadi Kabarkan Virus Corona dari India dan Afsel Sudah Masuk Indonesia
Menkes Budi Gunadi Kabarkan Virus Corona dari India dan Afsel Sudah Masuk Indonesia /Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas/

BERITA KBB- Menteri Kesehatan Budi Gunadi meminta masyarakat Indonesia tetap mengutamakan protokol kesehatan. Pasalnya, Menkes menyebutkan ada tiga varian baru virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

Tiga varian baru Covid-19 yang masuk ke Indonesia, lanjut Menkes Budi Gunadi, berasal dari India, Afrika Selatan dan Inggris.

"Mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dan dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," kata Menkes Budi Gunadi, Senin 3 Mei 2021.

Baca Juga: Penyesalan Terdalam Dari Sule Kepada Ayah dan Ibunya, Akui Jauh dari Orang Tua dan Nakal Saat Itu


"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," ucapnya seperti pada artikel Cirebon Pikiran Rakyat berjudul Tiga Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia, Menkes Budi Gunadi: Mereka Pasti Akan Segera Menyebar

Menkes mengatakan, virus Covid-19 yang mengalami mutasi dari Inggiris disebut dengan varian B117.

Sedangkan dari varian baru dari India disebut B1617 dan dari Afrika Selatan disebut B1351.

Menurut Menkes Budi Gunadi, virus tersebut masuk dalam kategori variant of concern, yaitu virus varian baru yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Ini harus kita jaga mumpung (penyebarannya) masih sedikit, mengingat mereka pasti akan segera menyebar karena (tingkat) penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain," kata Menkes Budi Gunadi.

Menkes Budi Gunadi mengatakan, isolasi harus segera dilakukan pada warga yang tertular varian baru virus Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 3 Mei 2021, Ada Capricorn, Aquarius, Pisces, Berikut Kisah Cinta dan Karir Anda


Tak hanya itu, orang-orang yang punya riwayat kontak dengan penderita harus dilacak dan diperiksa segera.

Dia juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

"Paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, karena apa pun virusnya, apa pun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, harusnya penularan tidak terjadi," katanya.

"Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan harus dijalankan oleh kita semua di mana pun kita berada," sambung Menkes Budi Gunadi.***(Tita Salsabila/Pikiran Rakyat Cirebon)

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: cirebon.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x