Netizen dan Masyarakat Kebingungan Bagaimana Bisa Pakai Aplikasi My Pertamina, Saat Main HP Dilarang di SPBU

- 28 Juni 2022, 20:02 WIB
Cara beli Pertalite di MY Pertamina, mulai daftar hingga 11 daerah yang wajib menggunakan aplikasi My Pertamina saat membeli BBM.
Cara beli Pertalite di MY Pertamina, mulai daftar hingga 11 daerah yang wajib menggunakan aplikasi My Pertamina saat membeli BBM. /Instagram.com/@mypertamina

 

 
 
 
BERITA KBB - Pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi bakal dibatasi. Pengendara yang ingin membeli BBM jenis Pertalite dan Solar diminta untuk mendaftarkan diri di situs web subsiditepat.mypertamina.id.
 
Maka itu, nantinya pengendara yang akan mengisi Pertalite harus wajib daftar dahulu melalui aplikasi atau website MyPertamina.
 
"Registrasi mulai 1 Juli 2022, di data dulu, mau daftar pakai handphone, pakai komputer bisa. Kami sambil uji coba, ketika mereka sudah registrasi, dan akan mengisi BBM Pertalite nanti operator SPBU akan melihat apakah kendaraan tersebut sudah terdata di MyPertamina," ungkap Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga. 
 
 
Jika dalam jangka waktu yang sudah ditentukan maka pembeli yang tidak terdaftar tidak bisa membeli bensin jenis Pertalite.
 
Dari proses pendaftaran tersebut maka setiap pembelian BBM Pertalite dan solar wajib scan QR yang tersimpan di handphone.
 
Hal ini pun mendapat reaksi beragam dari warganet di dunia maya.
 
 
Salah satunya adalah mempertanyakan soal keamanan menggunakan HP saat berada di SPBU karena selama ini ada larangannya di setiap pom bensin.
 
Sedangkan dalam aturan terbaru konsumen Pertalite dan solar bersubsidi wajib scan QR yang tersimpan di HP-nya. Ternyata, kini boleh menggunakan HP di SPBU dengan beberapa syarat.
 
Handphone boleh digunakan untuk pembayaran menggunakan aplikasi MyPertamina dari dalam mobil atau dengan jarak aman 1,5 meter dari Dispenser SPBU. Selain itu pihak SPBU juga bisa memakai EDC untuk cek nomor kendaraan hingga konsumen tak perlu keluarkan HP.
 
 
"Setiap 15 menit sistem barcode berubah, dia tinggal scan, nanti keluar data nomor polisi dan data lainnya. Kalau belum daftar, maka nama mereka tidak keluar," ujar Irto.
 
Lalu dalam penjelasan di akun instagramnya, Pertamina menyebutkan bahwa pnggunaan ponsel di area SPBU diperbolehkan dengan beberapa catatan.
 
"Boleh kok menggunakan handphone di SPBU asal sesuai dengan ketentuan keamanan lokasi penggunaan dan peruntukannya ya," tulis keterangan akun instagram @MyPertamina.
 
Sementara, titik - titik area SPBU yang dilarang memakai ponsel antara lain dekat area tangki, area pembongkaran SPBU.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x