Netizen Bingung, Kok Boleh Pakai Aplikasi MyPertamina Padahal Main HP di SPBU Dilarang. Ini Penjelasannya!

- 28 Juni 2022, 20:12 WIB
Aplikasi MyPertamina Syarat Utama Pembelian BBM, Bukankah Handphone Dilarang Selama Berada dalam SPBU?
Aplikasi MyPertamina Syarat Utama Pembelian BBM, Bukankah Handphone Dilarang Selama Berada dalam SPBU? /
 
 
BERITA KBB - Mulai Jumat, 1 Juli 2022 pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar telah dikonfirmasi akan menggunakan Aplikasi MyPertamina.
 
Ujicoba pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar ini akan diberlakukan di 11 daerah di 5 Provinsi, di antaranya: Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.
 
Namun, netizen bingung. Selama ini, peraturan Pertamina melarang dalam menggunakan HP di area SPBU. Sedangkan, sekarang ini, masyarakat yang hendak membeli BBM jenis Pertalite dan Solar harus menggunakan Aplikasi MyPertamina, yang otomatis harus menggunakan HP di area SPBU.
 
 
Lantas, sebetulnya bagaimana peraturan yang benar terkait penggunaan HP di area SPBU? Sebab, dengan peraturan baru ini, banyak netizen yang bingung dan berspekulasi. 
 
Untuk menjawabnya pro dan kontra yang ada terkait penggunaan HP dalam menggunakan aplikasi MyPertamina di area SPBU, Pertamina telah membuat sebuah unggahan untuk menjawabnya.
 
Dilansir oleh BeritaKBB dari akun Instagram @mypertamina, berikut ini adalah jawaban Pertamina dalam unggahan tanggal 14 Juni bertajuk 'Menggunakan Handphone di SPBU, Emang Boleh, Ya?'
 
 
1. Penggunaan HP untuk kepentingan umum, harus berada di public area seperti Convenience, Store, Foodcourt, dan Kantor.
 
2. Penggunaan HP Untuk pembayaran menggunakan Aplikasi MyPertamina dari dalam mobil atau kendaraan bermotor lainnya, harus dengan jarak aman 1,5 meter dari posisi dispenser SPBU.
 
3. Penggunaan HP dilarang berada di area tangki, area pembongkaran SPBU, dan/atau terlalu dekat dengan jarak pompa pengisian.
 
Dalam unggahan tersebut, Pertamina juga telah menghighlight terkait penggunaan HP di area SPBU.
 
 
"Boleh, selama lokasi penggunaan dan peruntukannya sesuai."
 
Bahkan, dalam caption di unggahan tersebut, Pertamina menjelaskan dan menegaskan lebih lanjut terkait penggunaan HP di area SPBU, sebagai berikut:
 
"Iya, boleh kok menggunakan handphone di SPBU asaaaaal sesuai dengan ketentuan keamanan lokasi penggunaan dan peruntukannya, ya," tulis admin MyPertamina di unggahan tersebut.
 
 
"Jadi, menggunakan handphone di SPBU diperbolehkan jika digunakan di publik area, Convenience, Store, Foodcourt dan untuk pembayaran menggunakan Aplikasi MyPertamina yang digunakan dari dalam mobil atau dengan jarak aman yaitu 1.5 meter dari dispenser SPBU. Hindari menggunakan handphone di area tangki, area pembongkaran SPBU dan terlalu dekat dengan pompa pengisian ya, Sob," lanjutnya dalam caption.
 
Nah, jadi, tidak perlu bingung lagi, ya. Yang terpenting, dengan diberlakukannya aturan ini, masyarakat harus mampu dan lebih mawas diri dalam penggunaan HP di area SPBU, ya.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x