Mengenal Laporan Kegiatan Usaha dan Fungsinya di Perusahaan

- 29 Juni 2022, 19:27 WIB
Mengenal Laporan Kegiatan Usaha dan Fungsinya di Perusahaan
Mengenal Laporan Kegiatan Usaha dan Fungsinya di Perusahaan /

 

 

 

BERITA KBB- Report atau laporan kegiatan usaha adalah komponen penting pada bisnis yang harus tersedia. Sebagai pebisnis, Anda pasti akan selalu membutuhkannya. Untuk itulah Anda perlu memahami bagaimana report kegiatan usaha bekerja. Anda bisa memulainya dari mempelajari pengertian laporan kegiatan usaha, jenis-jenis, dan bentuknya.

Walaupun bukan Anda yang nanti membuat report kegiatan usaha, Anda tetap harus mengerti berbagai istilah di dalamnya. Di sini akan dijelaskan berbagai macam hal yang berkaitan dengan laporan kegiatan usaha.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Kegiatan Usaha?

Pengertian laporan kegiatan usaha adalah catatan keuangan sebuah usaha pada satu periode akuntansi yang menunjukkan kinerja perusahaan. Report kegiatan usaha ada yang disediakan dalam satu bulan atau satu tahun. 

Segala hasil perhitungan transaksi perusahaan wajib tercantum di report kegiatan usaha, sehingga pemilik usaha akan tahu uang usahanya didapatkan dari mana dan digunakan untuk apa saja.

Penyusunan report kegiatan usaha perusahaan itu tidak langsung jadi. Harus dibuat catatan atas report kegiatan usaha lengkap dulu setiap harinya. Data keuangan perusahaan harus disediakan sebaik-baiknya. Apalagi perusahaan besar, biasanya report kegiatan usaha yang dimilikinya lebih rumit dan kompleks.

Untuk menentukan dan membuat report kegiatan usaha diperlukan orang yang ahli. Biasanya ahli akuntansi yang melakukannya. Namun, pemilik usaha juga perlu memahaminya supaya bisa membaca hasil laporan dengan benar.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x