Update Terbaru Gunung Semeru Erupsi dan Kini Statusnya Naik Menjadi Level Awas

- 4 Desember 2022, 22:53 WIB
Update Terbaru Gunung Semeru Erupsi dan Kini Statusnya Naik Menjadi Level Awas
Update Terbaru Gunung Semeru Erupsi dan Kini Statusnya Naik Menjadi Level Awas /Foto: Dok Net/

BERITA KBB - Update terbaru status Gunung Semeru di Jawa Timur telah dinaikkan dari yang sebelumnya Level 3 atau Siaga kini menjadi Level 4 atau Awas.

Hal itu dinyatakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG), terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan meminta warga agar untuk tidak ada kegiatan pada radius yang telah ditetapkan, yaitu delapan kilometer dari puncak dan sektoral arah tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 kilometer dari puncak. 

Baca Juga: Download SBO TV MOD Apk Nonton Piala Dunia 2022 Gratis Dicari, Ini Cara Lihat Acara Televisi Tanpa Set Top Box

"Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," tutur Hendra dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) telah mencatat bahwa adanya erupsi disertai awan panas guguran yang terjadi di Gunung Semeru pada pukul 02.46 WIB Minggu, 4 Desember 2022.

PVMG meambahkan bahwa tinggi kolom erupsi telah mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Adapun sumber awan panas guguran diketahui berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava yang berada pada lokasi sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus! Masyarakat Dihimbau Tidak Melakukan 3 Hal Ini

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x