Viral di Twitter Video Gunung Semeru Erupsi, Ini Update Terbaru dari PVMBG

- 4 Desember 2022, 22:55 WIB
Viral di Twitter Video Gunung Semeru Erupsi, Ini Update Terbaru dari PVMBG
Viral di Twitter Video Gunung Semeru Erupsi, Ini Update Terbaru dari PVMBG /Pikiran Rakyat/



BERITA KBB - Kini jagat maya dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan Gunung Semeru meletus hari ini, Minggu, 4 Desember 2022.

Berdasarkan sejumlah video yang viral di Sosial Media Twitter, terlihat Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur, meletuskan awan putih pekat berwarna keabu-abuan.

Selain itu, terlihat warga yang hendak berhamburan untuk menyelamatkan diri karena untuk menghindari awan panas dari Gunung Semeru tersebut.

Baca Juga: Update Terbaru Gunung Semeru Erupsi dan Kini Statusnya Naik Menjadi Level Awas

Dari ramainya video Gunung Semeru yang erupsi tersebut mengundang berbagai ungkapan Netizen di Twitter.

"Mohon Doanya semua untuk Lumajang, Erupsi Semeru sedang berlangsung. Di rumahku, seperti mendung mau hujan," kata Netizen dengan akun @Anggra** di Sosial Media Twitter.

Hingga saat ini Status Gunung Semeru menjadi Level 4 atau Awas yang sebelumnya Level 3 atau Siaga.

Baca Juga: Download SBO TV MOD Apk Nonton Piala Dunia 2022 Gratis Dicari, Ini Cara Lihat Acara Televisi Tanpa Set Top Box

Hal itu dinyatakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan meminta warga agar untuk tidak ada kegiatan pada radius yang telah ditetapkan, yaitu delapan kilometer dari puncak dan sektoral arah tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 kilometer dari puncak.

"Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," tutur Hendra dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mencatat bahwa adanya erupsi disertai awan panas guguran yang terjadi di Gunung Semeru pada pukul 02.46 WIB Minggu, 4 Desember 2022.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus! Masyarakat Dihimbau Tidak Melakukan 3 Hal Ini

PVMBG menambahkan bahwa tinggi kolom erupsi telah mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Diketahui untuk tingkatan status gunung berapi ada empat yakni dari yang paling rendah, Normal (Level 1), Waspada (Level 2), Siaga (Level 3) dan Awas (Level 4).

BPBD Kabupaten Lumajang hendak turun tangan untuk mengevakuasi warga agar mengungsi akibat dari erupsinya Gunung Semeru, Jawa Timur.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x