Tembakan Bharada E Hanya Membuat Brigadir J Sekarat Hingga FS Ikut Menembak, Sambo: Wey Berlutut!

- 4 Desember 2022, 23:05 WIB
Bharada E vs FS. Tembakan Bharada E Hanya Membuat Brigadir J Sekarat Hingga FS Ikut Menembak, Sambo: Wey Berlutut!
Bharada E vs FS. Tembakan Bharada E Hanya Membuat Brigadir J Sekarat Hingga FS Ikut Menembak, Sambo: Wey Berlutut! /Risda/
 
BERITA KBB - Richard Eliezer alias Bharada E menyebut Ferdy Sambo ikut menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 
 
Eks Kadiv Propam itu menembak saat Brigadir J sedang meregang nyawa karena tembakan Bharada E sebelumnya.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Bharada E sebagai saksi dalam sidang Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu 30 November 2022.
 
Awalnya, Bharada E menjelaskan peristiwa di rumah Duren Tiga. Saat itu, ada dirinya, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal, dan Brigadir J.
 
 
Sebelum Ferdy Sambo datang, Bharada E berada di lantai dua untuk berdoa agar perintah menembak Brigadir J itu tidak terjadi.
 
“Ada suara Pak FS di bawah. Saya turun ke bawah, sampai di ujung tangga Pak FS sudah bersarung tangan warna hitam. Dia tanya ke saya, ‘kau sudah isi senjata?’ 'Siap Pak, belum.' 'Kamu isi’, maksudnya kokang,” ujar Bharada E.
 
“Saya kokang senjata dan taro lagi ke pinggang. Saya ke arah meja. Langsung bang Yos masuk baru Kuat dan Ricky di belakangnya,” imbuhnya.
 
 
“Pas (Yosua) masuk, Pak FS lihat dan langsung bilang ‘sini kamu’ dipegang lehernya ‘berlutut kamu’ didorong ‘berlutut’ kau di situ’, ‘wey berlutut’. Terus lihat ke saya, ‘wey kau tembak, tembak cepat!’ Langsung saya tembak,” ujar Bharada E.
 
Kemudian, hakim pun menanyakan dalam jarak berapa meter Bharada E menembak Brigadir J.
 
“Dua meter yang mulia,” ujar Bharada E.
 
“Bagaimana cara Anda menembak?” tanya Hakim lagi.
 
“Saya keluarkan senjata, sempat tutup mata,” kata Bharada E.
 
“Posisi korban?”
 
 
“Korban saat itu hanya bilang, ‘ih ada apa Pak? Kenapa Pak? Ada apa Pak?’ Jadi posisi dia gak jongkok, cuma agak menurun saja Yang Mulia. Baru saya menembak,” ujar Bharada E.
 
“Berapa kali Anda menembak?” tanya Hakim.
 
“Tiga sampai empat kali, Yang Mulia,” jawab Bharada E.
 
Saat itulah, tembakan Bharada E membuat Brigadir J tumbang dengan posisi telungkup dan meregang nyawa. Namun tembakannya itu, kata Bharada E, hanya membuat Brigadir J mengerang dan jatuh ke samping tangga.
 
“Pas almarhum jatuh, Pak FS langsung maju. Saya lihat beliau langsung kokang senjata, dia sempat nembak ke arah almarhum,” ujar Bharada E.
 
“Berapa kali FS nembak?” tanya Hakim.
 
“Saya tidak ingat, Yang Mulia,” jawab Bharada E.
 
“Bagaimana cara saudara FS menembak?”
 
“(Yosua) sudah jatuh tengkurep, dia maju ke depan, kokang senjata, langsung tembak dengan dua tangan. Posisinya berdiri,” ujar Bharada E.
 
Setelah Sambo menembak, Bharada E mengaku sudah tidak mendengar suara Brigadir J meregang nyawa.
 
“Saat saudara FS menembak masih ada suara lagi?”
 
“Sudah tidak ada,” ujarnya.
 
“Setelah itu bagaimana ceritanya?”
 
“Baru Pak FS jongkok, menembak ke arah tangga banyak sekali. Dia sempat berhenti dan ada jeda, baru tembak lagi ke atas tv menggunakan HS.”
 
Hakim juga menanyakan jenis senjata yang digunakan Ferdy Sambo untuk mengeksekusi Brigadir J.
 
“Glock, Yang Mulia, tapi tidak ada sampai sekarang Glock itu di mana. Baru dia kokang senjata dan menembak ke atas tv itu sudah (menggunakan senjata jenis) HS,” sambungnya.
 
“Dia ambil senjata dari mana?”
 
“Antara kantong atau pinggang, saya sudah gak yakin,” ujar Bharada E.
 
“Saudara yakin FS pakai Glock?”
 
“Yakin yang mulia. Setelah dia (FS) menembak ke arah tv, dia jalan ke arah almarhum, dia sempat memegangkan senjata itu ke tangan almarhum,” ucap Bharada E.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x