Bharada E: Saya Diminta Ibu Bersihkan Sidik Jari Pak Sambo di Barang Milik Brigadir J!

- 5 Desember 2022, 00:00 WIB
Bharada E. Bharada E: Saya Diminta Ibu Bersihkan Sidik Jari Pak Sambo di Barang Milik Brigadir J!
Bharada E. Bharada E: Saya Diminta Ibu Bersihkan Sidik Jari Pak Sambo di Barang Milik Brigadir J! /Risda/
 
BERITA KBB - Terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Richard Eliezer alias Bharada E mengungkap bahwa Putri Candrawathi memintanya untuk membersihkan sidik jari Ferdy Sambo pada barang - barang milik Yosua.
 
Hal itu diungkapkan Richard saat sidang sebagai saksi untuk terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu 30 November 2022.
 
"Saya tidak tahu kalau ternyata barang - barang almarhum ini sudah di-packing ,di karduskan. Lalu barang - barang itu diantar ke posko ajudan yang di Duren Tiga," ungkap Richard dalam persidangan.
 
Putri, kata Richard, lantas meminta ia dan ajudan lainnya, Ricky Rizal untuk mengambil barang - barang Yosua yang sudah berada di rumah ajudan atau posko.
 
 
"Bu Putri bilang ke saya 'nanti kamu pergi pake mobil ke posko, ambil barang - barang Yosua bawa lagi ke rumah Saguling'. Lalu, bawa lagi," terang Richard.
 
Setelah tiba di Saguling, barang-barang milik Yosua kemudian dibawa ke lantai dua rumah pribadi mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamana (Kadiv Propam) Polri itu.
 
Richard mengaku tidak mengatahui maksud diambilnya barang-barang Yosua itu. Namun, ia, Ricky dan Asisten Rumah Tangga (ART) Kuat Maruf diminta untuk membersihkan barang - barang tersebut menggunakan sarung tangan.
 
"Ibu bilang 'Nanti pakai sarung tangan ya'. Jadi, kita pakai sarung tangan pak, sarung tangan karet, itu sama Om Kuat juga," papar Richard.
 
"Jadi bertiga kami disuruhlah kami oleh ibu PC untuk membersihkan barang-barangnya almarhum ini, di-laundry baju - bajunya, tasnya, dan untuk baju - baju lebih banyak di laundry jadi diplastikkan," ujarnya.
 
Sebelum membersihkan dan me-laundry barang - barang Yosua itu, Richard, Ricky dan Kuat juga diminta menyemprotkan disinfektan dan hand sanitizer ke barang - barang tersebut, termasuk dompet milik Yosua.
 
 
Menurut Putri, kata Richard, cairan pembersih anti kuman itu digunakan untuk menghilangkan sidik jari Ferdy Sambo.
 
"Jadi, itu kita disuruh untuk pakai desinfektan sama hand sanitizer untuk membersihkan baju - baju itu, serta tasnya dia (Yosua), dompetnya dia disuruh sama ibu," ungkap Richard.
 
"Kata ibu, 'bapak sempet megang barang - barangnya almarhum' untuk menghilangkan sidik jarinya (semprot cairan pembersih)," ujarnya.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x