China Tegaskan Dukungannya Terhadap Iran dalam Isu Nuklir

- 22 Januari 2023, 08:36 WIB
Ilustrasi Nuklir
Ilustrasi Nuklir /PIXABAY

 

BERITA KBB – China telah menegaskan kembali dukungannya kepada Iran terhadap isu nuklir, dan mendesak agar pihak lain untuk dapat tetap berkomitmen kepada dialog dan negosiasi yang ada.

China sendiri cukup menghargai fleksibilitas dan ketulusan Iran. China mendukung penuh Iran dalam menjaga hak dan kepentingannya dengan sah. Ujar Menteri Luar Negeri China Qin Gang kepada Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian.

Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon, pada Kamis malam (19/1), keduanya menyampaikan pernyataan Kemlu China, Qin mengatakan bahwa China akan terus memainkan perannya dengan caranya sendiri.

Baca Juga: Oknum Suporter Nyalakan Flare di Laga Persib vs Persija, Kini Ditangkap! Pelaku Dilarang Nonton Seumur Hidup

"China selalu memandang hubungan China-Iran dari perspektif strategis dan jangka panjang, memajukan rencana kerja sama komprehensif kedua negara untuk mendorong kemajuan yang solid dalam kemitraan strategis komprehensif China-Iran," ujar Menteri Luar Negeri China Qin Gang.

Qin pun menyampaikan dukungan China terhadap Iran, dalam menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial kedua negara tersebut.

"China siap bekerja sama dengan Iran, untuk menegakkan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional, seperti prinsip tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang, dan menjaga kewajaran dan keadilan internasional," tutur Qin.

Amir Abdollahian mengatakan bahwa Teheran akan terus bekerja sama dengan Beijing untuk dapat saling mendukung satu sama lain dalam isu kepentingan utama dan integritas teritorial serta kedaulatan masing-masing negara.

Baca Juga: Prediksi Skor Newcastle United vs Crystal Palace di Premier League: Head To Head, Hingga Peluang kemenangan,

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x