Tertarik Terjun ke Dunia Politik Praktis, Kaesang Pangarep Didorong Berproses dari DPC Hingga DPP PDIP

- 25 Januari 2023, 10:16 WIB
Potret Kaesang Pangarep bersama sang istri, Erina Gudono.
Potret Kaesang Pangarep bersama sang istri, Erina Gudono. /Tangkapan Layar/Instagram @erinagudono/
  
 
BERITA KBB - Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menyambut baik keinginan Kaesang Pangarep untuk ikut terjun ke dunia politik praktis. 
 
Menurut Said, hal tersebut bisa membawa warna yang baik bagi dunia politik. Lantaran, anak muda tak semuanya menunjukkan sikap apolitis. 
 
"Selama ini anak muda cenderung menjauhi politik karena persepsinya kurang baik di kalangan anak-anak muda. Kalau Mas Kaesang justru tertarik masuk politik, maka saya kira itu prospek bagi dunia politik di kalangan anak muda," ungkap Said di Jakarta pada Selasa 24 Januari 2023.
 
 
Meski begitu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) tersebut mewanti - wanti Kaesang agar terjun ke dunia politik dengan mengandalkan nama sang ayah. Kaesang dituntut untuk bisa berprestasi seperti Presiden Joko Widodo.
 
Ia mengatakan berpolitik harus datang karena panggilan ideologis. Tujuannya, agar keterlibatannya di dunia politik tak melulu dikaitkan dengan keluarganya yang notabene anak presiden. 
 
"Mas Kaesang harus berpolitik dengan menunjukkan kinerja dan berprestasi seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Terjun ke dunia politik harus memberikan manfaat yang sebesar - besarnya bagi kemakmuran rakyat," tutur dia lagi. 
 
Apakah ini menjadi pertanda PDIP tengah melirik Kaesang untuk menjadi kader baru?
 
Dalam kesempatan itu, Said juga mengajak Kaesang untuk bergabung ke PDIP, parpol tempat kakak dan ayahnya bernaung. Ia sekaligus menggembleng agar bisa berproses dari bawah.
 
Sebab, menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi oleh Kaesang yakni menunjukkan ke publik bahwa ia bisa berdiri sendiri tanpa dikaitkan dengan sosok Gibran atau Jokowi. 
 
"Saya sarankan Mas Kaesang bergabung saja dengan PDIP. Mas Kaesang bisa mendaftar sebagai anggota partai terlebih dahulu dan mengikuti jenjang kaderisasi kepartaian di PDIP mulai dari tingkat pratama, madya hingga utama jenjang kaderisasi mulai dari DPC, DPD dan DPP agar Beliau mengerti ideologi dan garis perjuangan partai," ujar Said. 
 
"Langkah ini penting agar Mas Kaesang bisa merasakan proses dari bawah," tutur dia lagi. 
 
Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa adik bungsunya, Kaesang tertarik untuk terjun ke dunia politik praktis. 
 
Kaesang mengungkapkan keinginan itu di depan sang ayah, Joko Widodo dan dirinya saat pulang ke Solo. 
 
"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia terbuka menyampaikan ke kami kalau ada ketertarikan di politik," ungkap Gibran seperti dikutip dari kantor berita ANTARA pada Selasa 24 Januari 2023. 
 
 
Ia mengaku masih belum tahu apakah minat Kaesang itu bakal ditindaklanjuti dengan ikut berpartisipasi di Pilkada serentak 2024. Gibran menyebut adiknya masih melakukan penjajakan lebih dulu. 
 
"Gak tahu (apakah akan ikut Pilkada 2024) karena saya baru denger kemarin. Bapak juga kaget (dengar Kaesang minat ke politik). Biasanya gak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tutur dia. 
 
Sementara, ketika berbicara di program siniar Deddy Corbuzier pada 2021 lalu, Kaesang mengaku ogah terjun ke dunia politik. 
 
Bahkan, ketika itu, ia blak - blakan menyebut lebih enak bekerja sebagai pengusaha. Sebab, gaji sebagai pejabat publik terlampau kecil. 
 
"Saya kan tahu nih Mas Gibran, gaji wali kota (Solo) berapa. (Saat dibandingkan) sama saya hmm.. kasihan. Udah gajinya segitu kena COVID-19 lagi," kelakar Kaesang pada September 2021 lalu dan dikutip dari YouTube.
 
"Belum lagi dia harus bertanggung jawab terhadap ratusan ribu warga. Kan ribet. Mending saya, masih bisa santai, zoom call, menikmati hidup," tuturnya, bernada gurau.
 
Selain itu, Gibran juga dilarang mengurus bisnisnya setelah resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo. Sejak Februari 2021, Gibran harus fokus mengurus warga Solo.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x