Hari Lahan Basah Sedunia: Jenis dan Penyebarannya di Indonesia

- 2 Februari 2023, 14:52 WIB
Hari Lahan Basah Sedunia: Jenis dan Penyebarannya di Indonesia
Hari Lahan Basah Sedunia: Jenis dan Penyebarannya di Indonesia /PIXABAY/scottscaggs/

BERITA KBB - Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day adalah hari yang dirayakan setiap tanggal 2 Februari untuk memperingati kontribusi penting lahan basah bagi keberlangsungan hidup manusia dan dunia.

Hari ini ditetapkan oleh Konvensi Ramsar tentang lingkungan hidup dan lingkungan hidup yang baik, yang ditandatangani pada tahun 1971.

Tujuan dari Hari Lahan Basah Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran publik tentang manfaat dan pentingnya lahan basah serta untuk melindungi dan memelihara keberlangsungan lahan basah di seluruh dunia.

 Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan Yang Resmi Bermain di Belgia KMSK Deinze

Jenis Lahan Basah

Lahan basah adalah kawasan yang memiliki tingkat kelembaban tinggi dan memiliki sumber air yang melimpah. Lahan basah memegang peran penting dalam lingkungan karena membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Berikut adalah beberapa jenis lahan basah yang terdapat di dunia:

1.      Lahan Basah Rawa

Rawa adalah lahan basah yang berada di dataran rendah dan memiliki air yang mengalir secara lambat. Ini biasanya mencakup area yang terisolasi, seperti tepi sungai, danau, dan sebagainya.

2.      Lahan Basah Mangrove

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x