Dalang Penipuan Aplikasi Undangan Pernikahan di Makassar Diciduk, Pelaku Masih Berstatus Mahasiswa

- 3 Februari 2023, 03:19 WIB
Pelaku Penipuan berkedok Aplikasi Undangan Pernikahan diciduk di Makassar.
Pelaku Penipuan berkedok Aplikasi Undangan Pernikahan diciduk di Makassar. /

Berita KBB - Pelaku pembuat e-mail berbentuk aplikasi undangan pernikahan palsu yang bertujuan menggasak saldo rekening, berhasil diciduk Tim Cyber Mabes Polri, Rabu 1 Februari 2023. Pelaku diketahui berinisial IA (20) ini masih berstatus mahasiswa dan berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Subdirektorat Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo membenarkan kabar penangkapan pelaku. “Pembuatnya sudah ditangkap Tim Cyber Mabes Polri,” ujar Sutomo, seperti dilansir BeritaKBB dari Antaranews.com.

IA diketahui merupakan dalang di balik pembuatan aplikasi undangan pernikahan yang kemudian diperjualbelikan. Pembelinya menggunakan aplikasi itu untuk melakukan kejahatan penipuan.

Baca Juga: Jadwal Program Indosiar Jumat 3 Februari 2023 Ada Hot Kiss, D'Koplo, Iron Monkey Pukul Berapa?

“Jaringannya beli aplikasi tersebut. Sudah ada satu pelaku diamankan di Sumatera dan satu di Kabupaten Wajo,” tambah Sutomo.

Tambahnya, jaringan pelaku itu menjalankan modus menyebarkan surel dan aplikasi undangan pernikahan itu secara acak ke aplikasi pesan singkat WhatsApp. Korban kemudian melihat ada pesan yang dibuat seolah dari orang terdekat, yang meminta untuk membuka pesan itu.

Jika korban membukanya, maka aplikasi itu akan otomatis terunduh dan masuk ke sistem perbankan. Ketika korban kemudian membuka aplikasi perbankan, maka pelaku dapat melihat nomor PIN dan mengubahnya.

Baca Juga: Jadwal Program SCTV Jumat 3 Februari 2023: Tajwid Cinta, Status Selebritis, Melukis Senja

Dengan PIN yang diubah sekehendak pelaku, maka ia dapat menggasak seluruh isi rekening dengan mentransfer uangnya ke rekening lain. Terkait aksi pelaku ini, Sutomo menyebut, sudah terjadi di beberapa daerah selain Sulsel.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x