Gunung Kerinci Meletus Lagi, Status Naik ke Level 2

- 3 Februari 2023, 17:54 WIB
Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi saat menyemburkan abu.
Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi saat menyemburkan abu. /PVMBG/

BERITA KBB - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi kembali meletus, Jumat 3 Februari 2023. Letusan gunung diketahui terjadi sejak pukul 02.30 WIB dini hari, tapi belum diketahui informasi mengenai tinggi kolom abu.

Dilansir BeritaKBB dari Antaranews.com, petugas pos pengamatan Gunung Kerinci, Irwan mengatakan, kini status Gunung Kerinci berada di level 2. Wisatawan dan masyarakat lokal diimbau untuk tidak melakukan pendakian sepanjang radius 3 kilometer dari kawah aktif.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8 milimeter dan durasi lebih kurang 4 menit,” ujar Irwan seperti dikutip Antaranews.com.

Baca Juga: Dibanderol Mulai dari Rp167,3 Juta, Wuling Luncurkan Pikap yang Mendukung Pengusaha di Bandung

Selain mengimbau wisatawan dan warga setempat untuk tidak mendekati kawah, jalur penerbangan pun agar menghindari wilayah Gunung Kerinci. Pasalnya, potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat membahayakan penerbangan masih bisa terjadi.

Sawah Tertimbun Akibat Banjir Material Letusan

Letusan Gunung Kerinci sebelumnya terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023. Pada letusan tersebut, tinggi kolom abu tercatat mencapai 750 meter di atas puncak, dengan arah cenderung ke barat daya dan barat.

Letusan gunung berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut pada 14 Januari 2023 lalu ini memiliki amplitudo 3 milimeter. Adapun letusannya berlangsung selama 11 menit 40 detik sebagaimana terekam di seismogram.

Aliran material letusan menutupi sawah di Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh. Bau belerang menyeruak di seluruh area tersebut.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah