Kerinci Kembali Meletus, Berikut Mitigasi Bencana Saat Terjadi Letusan Gunung

- 3 Februari 2023, 23:26 WIB
Gunung Kerinci kembali meletus, pahami langkah-langkah mitigasi bencana letusan gunung berapi agar peluang selamat semakin besar.
Gunung Kerinci kembali meletus, pahami langkah-langkah mitigasi bencana letusan gunung berapi agar peluang selamat semakin besar. /

BERITA KBB - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi kembali meletus, Jumat 3 Februari 2023. Status Gunung yang menjulang setinggi 3.805 meter dari permukaan laut itu kini berada di level 2.

Dilansir BeritaKBB dari Antaranews.com, akibat letusan hari ini wisatawan dan warga lokal dilarang berada di radius 3 km dari bibir kawah. Jalur penerbangan juga dianjurkan untuk tidak mendekati wilayah Gunung Kerinci.

Letusan gunung dapat terjadi kapanpun, tidak mengenal waktu dan tempat Anda berada. Gunung berapi yang Anda daki bersama teman-teman dapat meletus secara tiba-tiba, seperti letusan Gunung Tangkuban Perahu di Bandung, Jawa Barat pada 2019 lalu.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Salah Jatuh Cinta' By Agnez Mo Ost Sinetron Terbaru SCTV 'Diantara Dua Suami'

Bagi Anda yang tinggal atau beraktivitas di wilayah gunung berapi, sangat penting mengetahui mitigasi bencana saat terjadi letusan gunung. Pengetahuan akan cara menghadapi bencana ini dapat meningkatkan peluang untuk selamat.

Berikut ini BeritaKBB sajikan apa yang harus Anda lakukan saat terjadi bencana gunung meletus, dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Saat Berada di Dalam Rumah

Ketika gunung berapi meletus saat berada di dalam rumah, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menutup semua jendela, pintu, dan celah-celah rumah. Matikan AC dan kipas angin, dan bawa hewan piaraan atau ternak ke tempat yang aman dan tertutup.

Saat Berada di Luar Rumah

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x