PRAKERJA DIBUKA! 7 Alur Pendaftaran Ini Wajib Kamu Coba

- 4 Februari 2023, 10:29 WIB
PRAKERJA DIBUKA! 7 Alur Pendaftaran Ini Wajib Kamu Coba
PRAKERJA DIBUKA! 7 Alur Pendaftaran Ini Wajib Kamu Coba /


BERITA KBB- Program prakerja telah resmi di buka. Kali ini, prakerja telah memasuki gelombang ke 48, bagi Anda yang belum lolos di gelombang sebelumnya.

Maka ini adalah kesempatan besar untuk dicoba dan pastinya melalui alur pendaftaran yang tepat. Prakerja telah memberikan manfaat yang sangat berdampak bagi dunia kerja sehingga berpengaruh bagi perekonomian masyarakat Indonesia.

Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
 
Baca Juga: Hari Kanker Dunia 2023: Mengenal Kanker Payudara Jenis Kanker dengan Penambahan Terbanyak di Indonesia

Dalam program ini, pendaftar yang lolos bisa memilih pelatihan kompetensi kerja apa yang sesuai dengan minat.

Sehingga, ketika Anda terjun langsung ke lapangan dan melamar pada posisi kerja tersebut.

Anda sudah memiliki basic dan bekal pengetahuan yang mumpuni. Meski demikian, tak sedikit masyarakat kita yang belum bisa lolos prakerja.

Bahkan ada yang sampai belasan kali daftar namun tetap gagal. Lantas, bagaimanakah alur pendaftaran prakerja yang tepat dan mudah? Berikut informasinya dari laman instagram @prakerja.go.id

1. Daftarkan dirimu secara mandiri melalui website resmi prakerja yakni www.prakerja.go.id. Siapkan data yang dibutuhkan di antaranya:
- Alamat e-mail

- Nomor Induk Kependudukan (NIK)

- Nomor Kartu Keluarga (KK)

- Foto KTP

- Nomor Hp yang aktif

- ikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD)
 
Baca Juga: Jadwal Pertandingan Bola di Tanggal 6 dan 7 Februari 2023. Ada Barcelona vs Sevilla dan Persija vs Persita

2. Jika pendaftaran melalui website tersebut telah berhasil dilakukan, tunggu hingga pembukaan gelombang. Setelah dibuka, tinggal "Klik Gabung Gelombang" untuk ikut seleksi dan tunggu pengumuman hasilnya.

3. Gunakan fitur pelatihan di dashboard kartu pekerja, beli pelatihan di platform digital dan salin nomor kartu prakerja yang tertera di dashboard sebagai alat pembayaran pelatihan. Pembelian pelatihan maksimum dilakukan 15 hari setelah dinyatakan menjadi peserta.

4. Hadiri pelatihan sesuai dengan jadwal yang ditentukan hingga selesai. Pelatihan tidak dapat di wakilkan, jika pelatihan selesai maka kamu akan mendapat sertifikat pelatihan. Apabila masih tersisa saldo pelatihan beli pelatihan lainnya.

5. Berikan rating dan ulasan di dashboard terhadap pelatihan yang kamu selesaikan secara jujur.

6. Dapatkan insentif pasca pelatihan pertama sebesar Rp 600 ribu setelah sertifikat muncul di dashboard kartu prakerja.

7. Isi survei evaluasi pada dashboard kartu prakerja dan dapatkan insentif sebesar Rp 50 ribu setelah menyelesaikan survei.

Demikian informasi mengenai Prakerja Dibuka! 7 Alur Pendaftaran Ini Wajib Kamu Coba.***



 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x