Bulan K3 Nasional 2023, Ergonomi: Ilmu Penting Untuk Pekerja di Setiap Tempat

- 6 Februari 2023, 16:33 WIB
Bulan K3 Nasional 2023, Ergonomi: Ilmu Penting Untuk Pekerja di Setiap Tempat
Bulan K3 Nasional 2023, Ergonomi: Ilmu Penting Untuk Pekerja di Setiap Tempat /

BERITA KBB - Bulan K3 Nasional adalah sebuah acara tahunan yang diadakan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Acara ini biasanya mencakup berbagai aktivitas, seperti sosialisasi dan pelatihan tentang pentingnya K3, pemeriksaan kondisi keselamatan kerja, dan penghargaan bagi perusahaan dan individu yang memenuhi standar K3.

Untuk tema Bulan K3 Nasional 2023 yakni “ "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja". Salah satu cara untuk memdukung tema tersebut dengan mengenal, mengerti, dan melaksanakan ergonomi saat bekerja.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Yana Mulyana Ajak Warga Perbanyak Resapan Air

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan kerjanya. Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi kerja adalah dengan mengikuti tips ergonomi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips ergonomi bagi karyawan di kantor:

1.      Pilih Kursi dan Meja yang Sesuai

Pilih kursi yang memiliki dukungan lumbar dan dapat diatur ketinggiannya. Pastikan juga bahwa kaki dapat menapak lantai dengan stabil dan betis bersentuhan dengan lantai.Selanjutnya pastikan meja memiliki ketinggian yang sesuai dengan ketinggian kursi, sehingga lengan dapat menumpuk pada meja tanpa membungkuk. Juga pastikan meja memiliki area yang cukup untuk menempatkan monitor dan keyboard.

2.      Posisikan Monitor dan Keyboard dengan benar

Pastikan posisi monitor sejajar dengan mata dan berjarak sekitar arm's length. Jika perlu, atur posisi monitor agar dapat dilihat dari sudut yang tepat. Pastikan keyboard berada pada posisi yang sesuai dengan jarak antara lengan dan meja. Jangan membiarkan lengan membungkuk atau siku terangkat saat mengetik.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x