Hari Pers Nasional 2023: Mengenal Makna dan Sejarahnya

- 6 Februari 2023, 23:15 WIB
Peringatan Hari Pers Nasional 2023
Peringatan Hari Pers Nasional 2023 /sumutprov.go.id/

 

BERITA KBB - Hari Pers Nasional atau Hari Pers adalah hari yang dirayakan setiap tanggal 9 Februari di Indonesia sebagai peringatan atas kelahiran Dewan Pers, organisasi yang memperjuangkan hak-hak wartawan dan pers di Indonesia.

Sejak tahun 1971, Hari Pers Nasional diperingati dengan berbagai kegiatan, seperti diskusi, seminar, lomba, dan lain-lain yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan serta pers di Indonesia.

Hari Pers Nasional sangat penting bagi keberlangsungan demokrasi di Indonesia, karena wartawan dan pers memegang peran penting dalam menyampaikan informasi yang benar dan obyektif kepada masyarakat. Wartawan dan media harus memegang teguh prinsip-prinsip jurnalistik, seperti kebenaran, keadilan, dan kejujuran, agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang dapat dipercaya.

 Baca Juga: Hari Valentine: Sejarah Lengkapnya dan Tradisi Unik Cara Memperingatinya

Sejarah Hari Pers

Hari Pers Nasional atau Hari Pers merupakan hari yang dirayakan setiap tanggal 9 Februari di Indonesia sebagai peringatan atas kelahiran Dewan Pers, sebuah organisasi yang memperjuangkan hak-hak wartawan dan pers di Indonesia.

Sejarah Hari Pers Nasional dimulai pada tahun 1971, saat sejumlah wartawan dan pemimpin media berkumpul untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi oleh industri pers di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, mereka memutuskan untuk membentuk Dewan Pers, sebuah organisasi yang bertugas untuk memperjuangkan hak-hak wartawan dan media.

Dewan Pers didirikan pada tanggal 9 Februari 1971 dan Hari Pers Nasional ditetapkan sebagai hari peringatan atas kelahiran organisasi tersebut. Sejak saat itu, Hari Pers Nasional diperingati setiap tahunnya dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan serta pers di Indonesia.

 Baca Juga: Fakta Unik Hari Valentine dan Dampak yang Kita Tidak Sadari

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x