Mengenal Jam Kiamat, Alarm Kehancuran Dunia yang Berawal dari Lomba Bikin Senjata Nuklir

- 8 Februari 2023, 06:37 WIB
Ilustrasi jam kiamat.
Ilustrasi jam kiamat. /Pixabay/
 

Berita KBB - Perang Rusia-Ukraina yang terus berkecamuk sejak Februari 2022 lalu membuat sejumlah ilmuwan dan ahli keamanan terpaksa memajukan jarum Jam Kiamat 90 detik sebelum tengah malam, atau tepatnya ke pukul 23:58:30 pada 25 Januari 2023 lalu. 

Diketahui, semakin dekat ke posisi pukul 12 malam, maka dunia dipandang makin mendekati ambang kehancuran. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Jam Kiamat? Bagaimana sejarahnya sehingga Jam Kiamat bisa menjadi barometer dekatnya manusia dengan kehancuran dunia?

Dikutip Berita KBB dari The Bulletin of Atomic Scientists, Jam Kiamat atau The Doomsday Clock adalah sebuah desain yang memberi peringatan pada publik terkait seberapa dekat manusia kepada kehancuran dunia akibat teknologi yang dibuatnya sendiri.

Baca Juga: Simak! 7 Website Keren untuk Frontend Developer

Jam Kiamat pertama kali dibuat pada tahun 1947, di mana pada saat itu kemanusiaan sedang terancam oleh perlombaan senjata nuklir antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Desain Doomsday Clock ini dibuat oleh Martyl Langsdorf untuk ditampilkan di The Bulletin edisi 1947.


Saat awal kemunculannya, Jam Kiamat diatur ke posisi 7 menit sebelum tengah malam atau pukul 23:53. Adapun orang yang berhak memutuskan untuk mengubah posisi jarum Doomsday Clock adalah Eugene Rabinowitch, editor The Bulletin.


Rabinowitch sempat merubah jarum Jam Kiamat untuk pertama kalinya ke 3 menit sebelum tengah malam, ketika Uni Soviet berhasil melakukan percobaan nuklir pada 1949. Sepeninggal Rabinowitch pada 1973, jarum jam dimundurkan ke 17 menit sebelum tengah malam oleh Dewan Sains dan Keamanan Bulletin, ketika Perang Dingin berakhir pada 1991.


Pernah ada satu waktu ketika jarum Jam Kiamat tidak mengalami perubahan posisi meski ada ancaman nuklir. Itu terjadi saat Krisis Misil Kuba tahun 1962. Rabinowitch tidak memainkan jarum Doomsday Clock karena terlalu sedikit informasi yang diperoleh untuk memutuskan perubahan posisi jarum jam.


Riwayat Perubahan Posisi Jarum Jam Kiamat


Sejak 73 tahun lalu, Jam Kiamat telah mengalami beberapa kali perubahan posisi. Teranyar, pada Januari lalu jarum jam diubah posisi ke 90 detik sebelum tengah malam, akibat dari ancaman meluasnya skala perang Rusia-Ukraina. Sebelum perubahan tersebut, Doomsday Clock berada di posisi 100 detik sebelum tengah malam.


Berikut ini Berita KBB rangkum riwayat perubahan posisi jarum Jam Kiamat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: The Bulletin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x