Penyanderaan Penumpang dan Pilot Susi Air oleh KKB di Papua, Berikut Nasib Terkini Para Penumpang

- 8 Februari 2023, 17:15 WIB
Situasi pengamanan di wilayah Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pasca terjadinya dugaan pembakaran pesawat Susi Air oleh KKB.
Situasi pengamanan di wilayah Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pasca terjadinya dugaan pembakaran pesawat Susi Air oleh KKB. /AS Rabasa

Berita KBB - Aparat gabungan TNI dan Polri  tengah berupaya memburu dan mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, yang diduga menjadi dalang di balik penyanderaan para penumpang dan pilot Susi Air pada Selasa 7 Februari 2023.

Dalam kasus tersebut, KKB membakar pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dan nomor ekor PK BVY itu di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Usai membakar pesawat, para anggota KKB menyandera 15 pekerja Puskesmas Paro dan 1 pilot berkebangsaan Selandia Baru. Adapun nasib para sandera hingga kini belum diketahui.

Baca Juga: Download Lagu MP3 dari Youtube Gratis Tidak Ribet, KLIK DISINI Unduh Tanpa MP3Juice atau Stafaband

Melansir Antaranews.com, Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring pada Rabu 8 Februari 2023 mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan langkah-langkah taktis dan teknis untuk mencari dan menyelamatkan para sandera.  

JO Sembiring juga mengonfirmasi bahwa penyanderaan penumpang dan pilot Susi Air itu dilakukan oleh Egianus Kogoya. Adapun kondisi pilot berkebangsaan Selandia Baru yang diketahui bernama Kapten Philip Merthens masih belum diketahui.

Diketahui, identitas para penumpang pesawat Susi Air naas itu antara lain Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge dan Metina W. Mereka dikabarkan membawa serta 1 bayi.

Baca Juga: Bisa Dicicil! ECGO EV Moto Beri Subsidi Rp70 M Untuk Pelanggan Pembeli Motor Listrik Jenis Ini, Cek Sekarang

Sebelumnya diberitakan, pesawat Susi Air yang melayani rute Timika-Paro-Timika itu terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan kembali ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x