Perkuat di Industri Global Healthcare: Bio Farma Jadi Board Member GS1 Indonesia

- 8 Februari 2023, 22:21 WIB
Pengembangan vaksin Covid-19 IndoVac yang dikembangkan Bio Farma.
Pengembangan vaksin Covid-19 IndoVac yang dikembangkan Bio Farma. /Dok. Bio Farma/

BERITA KBB – PT Bio Farma akan semakin kokoh di industri Global Healthcare dengan bergabung dalam Global Standard 1 atau GS1.

Bio Farma bahkan didapuk menjadi jajaran board member SG1 Indonesia. Untuk diketahui, GS1 adalah organisasi nonprofit berskala multinasional.

Sistem GS1 adalah salah satu sarana mengidentifikasi produk/jasa dari Indonesia agar  menjamin Produk ekspor Farmasi ke mempunyai daya saing dan berbagai negara lebih aman dan dipercaya, dengan penomoran yang spesifik yang diatur oleh Global Trade Item Number (GTIN)menggunakan standar global.

Baca Juga: Anyar Diresmikan, Taman Edukasi Terakota Ramai Pengunjung

Tidak hanya itu, setiap produk dari Bio Farma juga akan memiliki Global Trade Item Number (GTIN) atau nomor barang dagang global, yaitu ID unik sebuah produk yang diakui secara internasional.

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, kerjasama ini merupakan lompatan yang besar. Sebab, penggunaan standar GS1 ini akan berdampak positif pada sisi ekspor atau pun ketahanan kesehatan nasional.

”Ini menjadi awal yang baik untuk menatap Ketahanan Kesehatan Indonesia dan industri farmasi internasional,” papar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Baca Juga: Pembangunan Fly Over Ciroyom Ditargetkan Tuntas Juli 2023

Honesti mengatakan, pandemi memang mengubah semuanya. Termasuk tatanan hidup masyarakat ternasuk bidang kesehatannya. Dulu, Indonesia masih kesulitan untuk mengidentifikasi masalah Kesehatan. Sebab, tidak memiliki data dan angka pasti.

”Dengan digitalisasi, Bio Farma bisa mendistribusikan 400 juta dosis vaksin, ke 17 ribu pulau di Indonesia secara realtime, by name, by address hingga kapan vaksin tersebut disuntikkan ke penerima,” papar Honesti.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x