Dilanda Banjir Bandang, Dua Desa di Bondowoso Terendam Lumpur 60 cm

- 13 Februari 2023, 11:06 WIB
Dilanda Banjir Bandang, Dua Desa di Bondowoso Terendam Lumpur 60 cm
Dilanda Banjir Bandang, Dua Desa di Bondowoso Terendam Lumpur 60 cm /Hans/pixabay.com
 
 
BERITA KBB – Pada Minggu petang, 12 Februari 2023, banjir bandang menerjang permukiman warga di desa kawasan lereng Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sebelumnya di wilayah tersebut sudah diguyur hujan deras selama beberapa jam.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Dadan Kurniawan mengatakan, banjir bandang menerjang permukiman warga di Desa Sempol dan Desa Kalisat, Kecamatan Ijen.
 
Pada Minggu kemarin, petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan relawan lainnya di lapangan untuk penanganan awal, sekaligus membantu mengarahkan warga ke lokasi yang lebih aman. Para petugas masih melakukan data untuk yang terdampak banjir.
 
 
Lalu, pada Senin pagi, menurut dia, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bondowoso juga berada di lokasi banjir bandang turut serta dalam bakti sosial membantu warga membersihkan lumpur yang menggenangi pemukiman.
 
“Saat ini Wakil Bupati Bondowoso, Kapolres dan Dandim berada di lokasi turut serta dalam bakti sosial membantu masyarakat membersihkan material lumpur yang menggenangi pemukiman warga,” kata Dadan Kurniawan, selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso.
 
Dadan Kurniawan mengatakan, banjir bandang yang melanda Desa Kalisat dan Sempol, Kecamatan Ijen, membawa material lumpur dan ranting kayu. Ketinggian lumpur yang meredam rumah warga mencapai sekitar 60 sentimeter.
 
Ia menyebutkan hasil pendataan sementara jumlah rumah yang terdampak banjir bandang yaitu sebanyak 95 rumah dan sekolah dasar, serta fasilitas umum lainnya.
 
 
Dari 95 rumah yang terdampak banjir bandang di lereng Gunung Ijen, sebanyak 79 KK di Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat. Dan 16 KK diantaranya diari Desa Sempol.
 
Informasi yang dihimpun, sebelum terjadinya banjir bandang yang menerjang permukiman warga Desa Sempol dan Kalisat, sudah terjadi hujan deras di hulu Gunung Suket, kemudian tiba-tiba air bercampur lumpur menerjang ke permukiman warga.
 
Tak hanya air bercampur lumpur saja yang menerjang permukiman, namun banjir bandang juga membawa material ranting-ranting kayu dan material lainnya.
 
Banjir bandang yang melanda pemukiman warga Desa Sempol dan Desa Kalisat terjadi karena hujan deras di puncak Gunung Suket, lalu tiba-tiba air bercampur lumpur mengalir deras ke permukiman warga.
 
Pada 29 Januari 2020 lalu juga, banjir bandang juga telah menerjang dua desa di lereng Gunung Ijen dan mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir lumpur serta material lainnya.***
 
 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x